Kasus Covid-19 Naik, Pengelola Destinasi Wisata Jogja Optimalkan Prokes

Kepala UPT Taman Pintar Kota Jogja, Retno Yuliani, mengatakan di masa liburan Imlek kali ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata edukasi itu cukup signifikan.

 Sejumlah wisatawan menikmati wahana yang ditawarkan oleh Taman Pintar Jogja pada masa liburan Imlek Selasa (1/2/2022). (JIBI/Harian Jogja/Yosef Leon)

SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan menikmati wahana yang ditawarkan oleh Taman Pintar Jogja pada masa liburan Imlek Selasa (1/2/2022). (JIBI/Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA-Sejumlah pengelola destinasi wisata di Kota Jogja mengaku optimalkan prokes sejak kasus Covid-19 naik. Langkah yang dilakukan terhadap wisatawan disebut akan dimaksimalkan guna mencegah penularan Covid-19.

Kepala UPT Taman Pintar Kota Jogja, Retno Yuliani, mengatakan di masa liburan Imlek kali ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata edukasi itu cukup signifikan. Rata-rata pengunjung merupakan rombongan keluarga baik asal DIY maupun asal kota lain di seputaran Jawa.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Kisarannya mungkin ratusan, liburan Imlek kali ini memang lumayan ramai, tapi kita masih utamakan pengendalian khususnya prokes tetap kami utamakan,” kata Retno, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga:  Cuaca Penyebab Menurunnya Kunjungan Wisatawan Pantai Glagah Kulonprogo

Menurut Retno, pengoptimalan pelaksanaan prokes merupakan upaya yang dilakukan pihaknya untuk menjaring wisatawan yang diduga belum memenuhi syarat untuk masuk ke destinasi wisata. Misalnya saja berkaitan dengan kondisi suhu tubuh, vaksinasi, maupun riwayat perjalanan dan kontak erat yang tertera lewat aplikasi Pedulilindungi wisatawan.

“Pemeriksaan dilakukan dari awal pintu masuk dengan aplikasi Pedulilindungi, cuci tangan, ukur suhu, jaga jarak, dan pakai masker. Juga imbauan secara berkala dari petugas informasi bagi pengunjung untuk utamakan prokes,” jelasnya.

Kewaspadaan pelaku wisata ini sejalan pula dengan mulai merangkaknya kasus Covid-19 di Kota Jogja. Catatan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja dalam sepekan terakhir ini, lonjakan kasus Covid-19 bahkan hampir tiga kali lipat. Pada 25 Januari lalu jumlah kasus aktif pasien Covid-19 di Kota Jogja hanya 24 orang dan per 31 Januari kemarin sudah mencapai 91 pasien.

Baca Juga: Pemkot Jogja Kaji Ulang PTM 100 Persen, Ini Alasannya

Ditambah pula dengan ditemukannya kasus Covid-19 varian Omicron pertama di Kota Jogja yang dilaporkan Senin (31/1/2022) kemarin. Sampai saat ini Pemkot Jogja mengaku masih melakukan upaya pelacakan dan juga mengupayakan agar intervensi kebijakan tepat sasaran, termasuk di sektor pariwisata dengan sejumlah pengetatan.

Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan menyebutkan, dengan ditemukannya kasus Covid-19 varian Omicron di Kota Jogja pihaknya berupaya untuk memaksimalkan pengawasan khususnya kepada anak-anak. Pengelola menyebutkan bahwa Covid-19 Omicron yang disinyalir mampu menyebar lebih cepat, tentu bakal berisiko tinggi menular kepada anak kecil.

“Soal syarat vaksinasi kepada anak-anak akan kami perketat lagi lewat pemeriksaan di awal pintu masuk, termasuk orang tua yang mendampingi. Kami juga tengah mengupayakan untuk segera memvaksin booster seluruh karyawan untuk antisipasi lebih lanjut,” jelas dia.

Sementara itu Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan segenap insan pariwisata dan juga perhotelan seiring dengan mulai naiknya kasus Covid-19 di wilayahnya. Menurutnya, upaya pengetatan prokes hendaknya bisa dilakukan secara menyeluruh mulai dari moda transportasi, perhotelan dan juga destinasi wisata.

“Kita sudah meminta agar seluruh hotel, restoran dan seluruh destinasi wisata untuk memperketat prokesnya karena jangan sampai lengah dan abai terhadap sebaran Covid-19. Kami juga koordinasi dengan para pengelola hotel untuk memperketat proses pengawasan bagi pelaku perjalanan,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Komunikasi dan Sinergi Kunci Menghadapi Ancaman Krisis Pangan

      + PLUS Komunikasi dan Sinergi Kunci Menghadapi Ancaman Krisis Pangan

      Sinergi yang kuat dan komunikasi efektif menjadi unsur penting dalam upaya mempercepat diseminasi informasi melalui kanal milik instansi pemerintah untuk menghadapi ancaman krisis pangan.

      Berita Terkini

      Mau Jalan-Jalan ke Jogja? Simak Prakiraan Cuaca Sabtu: Hujan Sore Hari

      Simak prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Sabtu 13 Agustus 2022.

      Stok Tepung Terigu di Bulog Yogyakarta Kosong Sejak Awal Agustus

      Bulog Divre DI Yogyakarta menyebut stok tepung terigu di tempatnya sedang kosong sejak awal Agustus 2022.

      Mahasiswa UGM Kritik Rencana Konversi Kegiatan Aktivis Jadi SKS

      Rencana konversi kegiatan aktivis menjadi SKS di kampus UGM mendapat kritik keras dari mahasiswa.

      Pengumuman! Warga Jogja Diimbau Tak Buang Sampah Setiap Minggu

      Masyarakat di Kota Jogja diimbau tidak membungan sampah setiap hari Minggu.

      Ketua PSHT Jogja Ungkap Kronologi Keributan Anggotanya di Titik Nol

      Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Jogja, Sutopan Basuki, menjelakan kronologi kejadian pengeroyokan anggotanya terhadap sejumlah warga di sekitar Titik Nol Jogja pada Sabtu (6/8/2022) malam.

      Rombongan Motor Gede Tabrak Pemotor di Kulonprogo, Ini Kronologinya

      Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan satu unit motor gede Harley Davidson dengan sepeda motor Honda Beat terjadi di Simpang Tiga Grajen, Gunung Gempal, Giripeni, Wates, Kulonprogo.

      Viral! Aksi Nekat Penumpang Wanita Curi Tas Sopir Bus Trans Jogja

      Seorang wanita nekat melakukan aksi pencurian di dalam bus Trans Jogja.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (12/8/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Bantul, DI Yogyakarta, pada hari ini, Jumat, 12 Agustus 2022.

      Prakiraan Cuaca Jogja Jumat: Cerah Beran & Hujan Tipis Siang Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Jumat 12 Agustus 2022.

      Bentuk Syukur, Nelayan & Petani Parangtritis Bagikan 5.000 Bungkus Nasi

      Masyarakat di Depok, Kalurahan Parangtritis, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, yang sebagian bekerja sebagai petani dan nelayan menggelar upacara adat.

      Libatkan 12.500 Kiai & Nyai, PBNU Gelar 250 Halaqah Fikih Peradaban

      PBNU menggelar Halaqah Fikih Peradaban di 250 daerah selama 5,5 bulan.

      Pemkab Sleman Siapkan Dana Rp1,6 Milir untuk Perbaiki SDN 1 Delegan

      Pemkab Sleman menyiapkan anggaran senilai Rp1,6 miliar untuk perbaikan gedung SDN 1 Delegan yang ludes terbakar api.

      Buat Keperluan Hidup, Perempuan Muda Curi Motor Milik Anak Kos Bantul

      Seorang perempuan mencuri sepeda motor di indekos di Dusun Ngewotan, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Bantul.

      Mendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Yogyakarta Paling Rendah, Setuju?

      Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut harga kebutuhan pokok di Daerah Istimewa Yogyakarta paling rendah dibandingkan dengan daerah lain.

      Masa Penahanan Eks Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti Diperpanjang 30 Hari

      KPK memperpanjang masa penahanan terhadap mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.