Kasus Covid-19 Merangkak Naik, RS di Solo Siaga

Meningkatnya kasus Covid-19 secara nasional diwaspadai oleh sejumlah RS di Solo. Mereka mengaku sudah siap jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Solo.

 Ilustrasi Covid-19. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Lonjakan kasus Covid-19 mulai terjadi lagi secara nasional. Hal itu membuat sejumlah rumah sakit (RS) di Solo mulai siaga.

Data nasional menyebutkan pasien positif baru mencapai 10.000 hingga Jumat (28/1/2022). Solo sendiri turut menambah angka dengan adanya klaster SMA Warga setelah mengadakan tracing berlapis pada Rabu (26/1/2022).

PromosiTantu Panggelaran, Asal Muasal Pulau Jawa dan Paku Gunung Semeru 

Salah satu RS yang mulai siapa yakni RS Kasih Ibu Solo yang jadi RS rujukan Covid-19. Manager Humas RS Kasih Ibu Solo, Divan Fernandes, Sabtu (29/1/2022), mengatakan antisipasi kasus Omicron mulai mereka lakukan. Semua fasilitas untuk layanan pasien Covid-19 telah disiagakan. Ada tempat tidur, ventilator, hingga peralatan pendukung lain. Begitu juga para tenaga medis baik dokter maupun karyawan.

Selain itu, RS Kasih Ibu Solo juga masih menyediakan homecare dan layanan telemedicine. Khususnya bagi pasien isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Baca Juga: Muncul Klaster Covid-19 di SMA Warga, PTM Sekolah Solo Jalan Terus

Lebih lanjut, Divan mengatakan sampai hari ini belum ada lonjakan pasien Covid-19 yang ditangani RS Kasih Ibu. Kendati demikian, ia mewakili manajemen RS mengimbau masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan karena itu yang paling penting untuk mencegah penyebaran.

“Puji syukur saat ini tidak ada peningkatan,” kata Divan, Sabtu (29/1/2022).

Humas RS PKU Muhammadiyah Solo, Betty Adriani, mengatakan dampak penambahan kasus belum terasa sampai Solo. Kendati demikian, pihaknya tetap bersiap kemungkinan adanya lonjakan.

Sejauh ini pelayanan yang mereka lakukan masih sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pandemi. Mulai dari wajib mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), hingga larangan kunjungan.

Baca Juga: Positif Covid-19 SMA Warga Solo Bertambah 9 Orang, Tracing Diperluas

“Prosedur penanganan masih sesuai dengan SOP pandemi, karena kondisi masih pandemi, surat aturan tentang pandemi juga belum dicabut,” terang Bety.

RS PKU Muhammadiyah masih menyediakan bed khusus pasien Covid-19 di ruang isolasi serta ICU isolasi. Pasokan oksigen dan peralatan pendukung lainnya juga dipastikan aman. “Bismillah Solo aman. Yang pasti kami juga lebih siap,” tegasnya.

PKU Muhammadiyah Solo belakangan ini jarang mendapati pasien positif. Kalaupun ada hanyalah suspect yang akhirnya negatif. Sehingga ruang isolasinya cenderung sering kosong.

Sebelumnya diberitakan, muncul klaster SMA Warga Solo. Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah menjadi 25 orang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengundang Bencana di Tanah Bencana

+ PLUS Mengundang Bencana di Tanah Bencana

Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, menicayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob.

Berita Terkini

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).

Area Parkir Graha Saba Buana Solo Banjir Karangan Bunga, Dari Siapa?

Area parkir Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah penuh dengan karangan bunga ucapan selamat untuk pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

Jijik! Sampah Menumpuk di Jembatan Sido Dadi Perbatasan Pedan-Trucuk

Tumpukan sampah terjadi di Jembatan Sido Dadi, Jl. Pedan-Trucuk, Kecamatan Pedan, Klaten, Selasa (24/5/2022).

Ini Momen Gibran Dampingi Jokowi Kunjungan ke Solo

Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo mendampingi Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Kota Solo, Jawa Tengah.

4.473 Ekor Hewan Ternak di Boyolali Kena Tracking PMK, Ini Hasilnya

Sebanyak 4.473 ekor hewan ternak di Boyolali telah di-tracking oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali terkait penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Presiden Jokowi Ditanya Kinerja Wali Kota Solo Gibran, Ini Jawabannya

Begini respons Presiden Joko Widodo saat ditanya kinerja Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di sela-sela mengunjungi Taman Balekambang Solo pada Kamis (26/5/2022).