Tutup Iklan

Kasus Covid-19 Melandai, Tempat Isoter di Klaten Tetap Dipertahankan

Pemkab Klaten belum ingin menutup tempat isoter meski kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar sudah melandai, dalam beberapa waktu terakhir.

 Warga melintas di depan Hotel Edotel SMKN 3 Klaten yang kini menjadi tempat isolasi terpusat, Selasa (3/8/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Warga melintas di depan Hotel Edotel SMKN 3 Klaten yang kini menjadi tempat isolasi terpusat, Selasa (3/8/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Pemkab Klaten masih mempertahankan sejumlah tempat isolasi terpusat (isoter) di daerah setempat, Minggu (12/9/2021). Pemkab Klaten belum ingin menutup tempat isoter meski kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar sudah melandai, dalam beberapa waktu terakhir.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com di Pemkab Klaten, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di setiap kecamatan di Kabupaten Bersinar terus menurun. Kasus terkonfirmasi Covid-19 tertinggi di Klaten berada di Kecamatan Klaten Selatan, yakni 19 orang.

Data itu terhitung hingga, Sabtu (11/9/2021). Sedangkan Kecamatan Klaten Tengah sudah tak ditemukan kasus terkonfirmasi Covid-19.

Baca Juga: Rumah Warga Janti Klaten Terbakar, Api Diduga dari Selang Tabung Gas Bocor

Di sisi lain, jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar mencapai 34.493 kasus, Sabtu (11/9/2021). Jumlah tersebut terdiri dari 172 orang menjalani perawatan/isolasi, sebanyak 31.442 orang dinyatakan telah sembuh, sebanyak 2.879 orang telah meninggal dunia.

“Tempat isolasi terpusat (isoter) di tingkat kabupaten sudah banyak yang kosong. Tinggal Edotel SMKN 3 Klaten yang terisi satu orang. Tapi, kami masih mempertahankan seluruh tempat isoter itu hingga waktu tak terhingga,” kata Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, kepada Solopos.com, Minggu (12/9/2021).

Ronny Roekmito mengatakan di tingkat Kabupaten Klaten telah mengelola enam tempat isoter. Selain Edotel SMKN 3 Klaten, terdapat juga GOR Gelarsena Klaten, Panti Semedi Klaten, Pusdik Satpam Jogonalan, Hotel Kendedes Delanggu, dan Stasiun Lapangan Geologi UGM. “Meski banyak yang kosong, kami tetap memelihara seluruh tempat isoter di Klaten itu,” katanya.

Ronny Roekmito mengatakan tempat isoter di tingkat kabupaten yang paling banyak menampung warga terpapar virus corona berada di Stasiun Lapangan Geologi UGM. Sebanyak 201 orang dinyatakan sudah sembuh pascamenjalani isolasi di tempat tersebut sepanjang pandemi Covid-19. Setelah itu, GOR Gelarsena (161 orang), Panti Semedi (147 orang), Edotel SMKN 3 Klaten (136 orang), Hotel Kendedes Delanggu (30 orang), dan Pusdik Satpam Jogonalan (17 orang).

“Selain tempat isoter di tingkat kabupaten, ada juga isoter di tingkat kecamatan [seluruhnya dalam kondisi kosong seiring melandainya kasus Covid-19 di Klaten],” katanya.

Baca Juga: Dikepung Tol hingga Sungai, Lima Rumah di Ngabeyan Klaten Terancam Terisolasi

Terpisah, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengimbau ke seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin menaati protokol kesehatan meski kasus Covid-19 mulai melandai. Di Klaten masih terdapat penambahan 15 kasus baru Covid-19 dalam sehari, Sabtu (11/9/2021). Di samping itu, terdapat delapan pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan penambahan lima kasus kematian.

“Kesadaran terhadap prokes harus tetap ditingkatkan. Hal itu, seperti memakai masker dengan baik, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Polres Sukoharjo Kumpulkan Pengurus 13 Perguruan Silat, Ada Apa Ya?

Pengurus dari 13 perguruan silat yang ada di Kabupaten Sukoharjo diundang Polres setempat untuk mengikuti pertemuan di Hotel Tosan, Solo Baru.

Diyakini Bekas Lautan Purba, Air Sumur di Tawangrejo Klaten Terasa Asin

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih. Selama ini warga mengandalkan pasokan air dari sumur Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Jelang Nataru, Dai Kamtibmas Karanganyar Dapat Pembinaan

Dai Kamtibmas di Karanganyar diharapkan bisa mengambil peran dalam terciptanya iklim kondusif jelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Hati-Hati di Jalan Lur, Hujan Lebat, Pohon Ambruk di Barat PKU Sragen

Pohon tumbang terjadi di sekitar PKU Sragen setelah hujan deras menguyur selama lebih dari satu jam.

Jos! Tim Taekwondo UMS Boyong 5 Medali Emas dan 4 Perunggu

Tim Taekwondo UMS mengirimkan 18 atletnya untuk mengikuti kejuaraan nasional taekwondo yang digelar Pengprov Taekwondo Sulawesi Tengah pada tanggal 8-10 November 2021.

727 Peserta Tak Lolos CBT Seleksi Perangkat Desa Wonogiri

Peserta CBT seleksi perangkat desa Wonogiri yang memenuhi batas minimal sebanyak 1.869 orang.

PPKM Level 3 Batal, Pelaku Pariwisata Percaya Diri Pasang Target Tinggi

Pembatalan PPKM Level 3 membuat pelaku bisnis perhotelan optimistis bisa menaikkan target okupansi pada libur Nataru nanti.

Seleksi Perangkat Desa Wonogiri Terhenti 40 Menit, Peserta Sempat Panik

Setelah bisa diatasi, peserta dapat mengerjakan soal sampai akhir dengan waktu dari nol lagi.

Sumberbulu Karanganyar Raih Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan

Di Jateng hanya ada dua desa wisata yang meraih sertifikat desa wisata berkelanjutan. Salah satunya adalah Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar.

Meteran Listrik Disambar Petir, Air Bersih Desa Tawangrejo Klaten Macet

Sumur Pamsimas itu dimanfaatkan warga dua RW di Dukuh Jetis, Desa Tawangrejo, Bayat, Klaten.

Belum Dievakuasi, Mobil SAR UNS Solo Terjebak Lahar Semeru Tak Terlihat

Mobil SAR UNS Solo yang terjebak dan tertimbun lahar dingin saat menolong korban erupsi Gunung Semeru belum bisa dievakuasi karena banyak kendala.

Bupati Karanganyar Kirim 3 Truk Bantuan dan 15 Sukarelawan ke Lumajang

PUDAM Tirta Lawu dan SAR Karanganyar berhasil mengumpulkan bantuan sembako dan lainnya sebanyak tiga truk untuk korban erupsi Semeru di Lumajang.

Sukarelawan Boyolali Kirim Sayuran ke Kawasan Gunung Semeru

Berdasarkan informasi yang didapat dari jaringan RAPI di Lumajang, masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru masih membutuhkan beberapa jenis bantuan, di  antaranya adalah sayur-sayuran.

2 Desa di Sukoharjo Dilanda Hujan Angin, 1 Rumah Warga Rusak

Satu rumah warga rusak akibat terjangan hujan angin yang melanda dua desa di dua kecamatan berbeda wilayah Kabupaten Sukoharjo, warga diminta tingkatkan kewaspadaan.

Relasi Dunia Pendidikan dan Industri di Karanganyar Perlu Ditingkatkan

Kadin Karanganyar meminta dunia pendidikan bisa menangkap apa yang menjadi kebutuhan dunia industri. Sehingga lulusan sekolah bisa dengan mudah terserap di dunia kerja.

Solo Hari Ini: 9 Desember 2015, Momen Rudy-Purnomo Menangi Pilkada

Enam tahun lalu, tepatnya pada 9 Desember 2015, pasangan F.X. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, meraih 63% suara sekaligus memenangi Pilkada Kota Solo.