SOLOPOS.COM - Salah satu kereta berhenti di Stasiun Madiun pada masa penerapan larangan mudik Lebaran. (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, JAKARTA — Kasus Covid-19 melandai di banyak tempat di Tanah Air. Pemerintah mengkaji izin pelaksanaan mudik bagi masyarakat pada Lebaran tahun ini.

“Pemerintah sedang mengkaji hal tersebut [pelaksanaan mudik] dengan memastikan bahwa penularan Covid-19 bisa dikendalikan dengan memastikan cakupan vaksinasi lengkap,” kata Juru Bicara Covid-19 Wiku Adisasmito, Kamis (17/3/2022).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Wiku menjelaskan hal yang menjadi pertimbangan untuk perizinan mudik adalah vaksin booster sudah terdistribusi meluas hingga protokol kesehatan yang tetap dijaga.

Baca Juga: Antisipasi Minyak Goreng Langka saat Lebaran, Ini Langkah Pemkot Solo

Selain itu, tingkat keterisian rumah sakit rendah serta kasus kematian konsisten rendah.

“Ini modal kita bersama untuk menghadapi lebaran yang aman dari Covid-19. Pemerintah akan mengumumkan update kebijakannya terkait hal ini apabila siap,” jelasnya.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus konfirmasi positif virus Covid-19 hari ini mencapai 11.532 orang.

Dengan penambahan tersebut, total kasus positif sampai dengan hari ini mencapai angka 5.939.082. Untuk kasus sembuh, Satgas mencatat adanya penambahan 28.787 orang sehingga total kasus sembuh menjadi 5.523.393 kasus.

Baca Juga: Wapres Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Puasa dan Lebaran Aman

Adapun, kasus meninggal akibat Covid-19 bertambah 237 orang pada hari ini sehingga totalnya telah menembus 153.212 orang.

Pada saat yang sama Satgas Penanganan Covid-19 juga mencatat kasus aktif per hari ini turun 17.492 sehingga totalnya menjadi 262.477 kasus.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Covid-19 Melandai, Warga Diizinkan Mudik Lebaran Tahun Ini?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya