Kasus Covid-19 Jateng Tertinggi Nasional, Sehari Tambah 4.331

Jateng kembali menjadi provinsi dengan penambahan kasus Covid-19 tertinggi nasional. Ganjar klaim ada data delay.

 Ilustrasi breaking news Covid-19. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi breaking news Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) belum juga surut. Terbukti, penambahan kasus harian di Jateng masih menjadi yang tertinggi se-Indonesia.

Setidaknya hal itu yang dilaporkan Satgas Covid-19 nasional pada Selasa (3/8/2021). Data yang dirilis Satgas Covid-19 nasional menyebut Jateng mengalami penambahan kasus tertinggi nasional mencapai 4.331 kasus dalam sehari. Jumlah ini lebih tinggi dibanding Jawa Barat (Jabar) yang berada di urutan kedua dengan penambahan 4.301 kasus.

Sementara untuk penambahan kasus kematian, Jateng juga menjadi yang tertinggi secara nasional dengan jumlah 406 jiwa. Angka itu lebih tinggi daripada Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang menempati urutan kedua dengan jumlah 319 jiwa.

Baca Juga: Ketimbang Jakarta, 3 Daerah di Jateng Ini Diprediksi Lebih Cepat Tenggelam

Sedangkan untuk penambahan kasus sembuh, Jateng menempati urutan ketiga di bawah Provinsi Jabar dan Jatim. Angka kesembuhan Covid-19 di Jateng selama sehari mencapai 3.564, atau lebih sedikit dari Jabar yang mencapai 5.054 orang dan Jatim dengan 4.386 orang.

Dengan penambahan kasus yang stabil tinggi ini, Jateng saat ini menempati urutan kedua sebagai provinsi dengan jumlah kasus aktif dan kematian terbanyak nasional. Jumlah kasus aktif di Jateng per 3 Agustus 2021 mencapai 57.659, di bawah Jabar dengan jumlah kasus aktif mencapai 118.075. Sedangkan kasus kematian Jateng juga terbanyak kedua, dengan jumlah 20.427 jiwa, atau di bawah Jatim yang mencapai 21.331 jiwa.

Masih dari data Satgas Covid-19 nasional, total kasus Covid-19 di Jateng hingga kini mencapai 393.670. Perinciannya, kasus sembuh mencapai 315.584 orang, kasus aktif 57.659 orang, dan kasus kematian sebanyak 20.427 jiwa.

Baca Juga: Langgar Perda, Tempat Pelesir Hidung Belang di Pati Ini Bakal Dibongkar

Beda Data

Namun data Satgas Covid-19 ini berbeda dengan data milik Pemprov Jateng yang ada di situs web corona.jatengprov.go.id. Data dari laman Internet resmi Pemprov Jateng itu menyebutkan total kasus Covid-19 di Jateng per 3 Agustus 2021 mencapai 393.670. Perinciannya, kasus aktif 36.938 orang, kasus sembuh 332.618 orang, dan kasus kematian mencapai 24.114 orang.

Terkait perbedaan data ini, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, sudah berulang kali memberikan sanggahan. Ia menyebut ada delay data atau data yang tertunda yang dilaporkan hingga membuat penambahan kasus di Jateng dilaporkan sebagai yang tertinggi nasional.

“Data menjadi perbincangan. Jateng tertinggi, wah ramai sekali. Saya bilang, enggak apa-apa, wong itu ada data delay. Ada data yang di-inject ke sana,” terang Ganjar seusai memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: Solopos Hari Ini: Tangguh Meski Pandemi

Ganjar menambahkan banyak data kasus Covid-19 dari Jateng yang belum dilaporkan ke pusat. Praktis, data ini pun disertakan bersama data terbaru.

“Maka data yang ada di Jateng [corona.jatengprov.go.id] lebih tinggi dari data pusat [Satgas Covid-19]. Yang terjadi, setelah data itu diklarifikasi, biasanya dari pusat dimasukkan. Itulah yang kita sebut data inject. Jadi disuntikkan [ditambahkan] karena dulu belum [terdata]. Itu yang terjadi, sehingga kadang-
kadang datanya seperti itu [tinggi],” dalih Ganjar.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Beredar Video Tol Batang-Semarang Akan Ditutup Total, Ini Faktanya

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) memberikan klarifikasi terkait beredar video yang menyebutkan Tol Batang-Semarang akan ditutup pada 25 Oktober hingga 4 November.

Ratusan Ribu Batang Rokok Disita Bea Cukai Kudus

Sebanyak 358.560 batang rokok ilegal disita Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus, Jawa Tengah.

Tak Kuat Tanjakan, Truk Kontainer Sebabkan Kecelakaan di Tol Semarang

Kecelakaan melibatkan truk kontainer dengan empat mobil terjadi di Tol Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Petani Di Grobogan Tewas Tersetrum Jebakan Tikus di Sawah

Warijo, 56, warga Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan meninggal dunia setelah tersengat aliran listrik jebakan tikus di sawahnya.

109 Objek Wisata Banyumas Buka Lagi, Pemerintah Wajibkan Ini

Sebanyak 109 objek wisata di Kabupaten Banyumas mulai buka kembali di tengah PPKM level dua, tetapi wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Mantap! Seniman Soloraya Dominasi Bhayangkara Mural Festival

Polda Jateng menggelar Bhayangkara Mural Festival 2021, di mana urutan 11 terbaik didominasi seniman dari wilayah Soloraya.

Tak Hanya di Salatiga, Gempa Juga Guncang Semarang & Temanggung

Gempa bumi di daratan atau gempa darat tidak hanya terjadi di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), tapi juga di wilayah Kabupaten Semarang dan Temanggung.

Waduh! Solar Kian Langka, Nelayan di Rembang Enggan Melaut

Nelayan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng) harus menghentikan aktivitas melaut menyusul solar langka.

Menikmati Night View Purwokerto dari Puncak Agaran, Syahdu...

Bukit Agaran ini berada di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanten, atau sekitar 15 km dari Purwokerto menuju arah utara.

Jangan Panik! Rentetan Gempa Salatiga Tak Berpengaruh ke Merapi

BPPTKG menyebutkan rentetan 15 kali gempa bumi yang terjadi di Salatiga dan Ambarawa tak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi.

Rentetan 15 Kali Gempa Terjadi di Salatiga & Ambarawa, Ini Kata BMKG

Sejak Sabtu (23/10/2021) dini hari hingga siang pukul 14.00 WIB, rentetan 15 kali gempa bumi terjadi di wilayah Kota Salatiga dan Ambarawa.

Salatiga & Ambarawa Diguncang Gempa, Netizen: Setiap 15 Menit Gempa

Rentetan gempa bumi yang terjadi di Salatiga, Ambarawa, dan sekitarnya membuat warganet panik.

Salatiga-Ambarawa Diguncang Gempa, BMKG: Dangkal, Warga Tak Perlu Panik

BKMG menyebut gempa yang terjadi di Kota Salatiga dan Ambarawa merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal Merapi-Merbabu.

Istimewanya Lentog Tanjung, Perpaduan Opor dan Semur yang Nikmat

Lentog tanjung merupakan hidangan lontong dicampur dengan sayur lodeh tahu dan gori atau nangka muda.

2 Gempa Susulan Kembali Goyang Ambarawa

Gempa susulan pada 09.34 WIB berkekuatan Magnitudo 3.0 dan gempa kedua pada pukul 09.51 WIB berkekuatan Magnitudo 3.3.

Dipicu Sesar Aktif, Inilah Rentetan 8 Kali Gempa Salatiga-Ambarawa

Dampak gempa berupa guncangan dirasakan di Ambarawa, Salatiga, Banyubiru, dan Bawen dalam skala intensitas II MMI dimana benda-benda ringan yang digantung bergoyang.