SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes Covid-19. (Reuters/Francois Lenoir)

Solopos.com, KLATEN — Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mencapai 17 orang dalam sehari, Selasa (17/11/2020). Sebagian besar penambahan kasus Covid-19 di Klaten itu karena kontak erat dengan kasus Covid-19 di waktu sebelumnya.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan penambahan belasan kasus Covid-19 berasal dari beberapa kecamatan di Klaten. Kecamatan Klaten Utara dan Klaten Selatan menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19, yakni tiga orang di masing-masing kecamatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga warga Klaten Utara yang terpapar yakni ARP, 22, perempuan; FAW, 36, laki-laki; dan H, 47, laki-laki. Sedangkan tiga warga asal Klaten Selatan adalah ACA, 4, laki-laki; IHH, 27, laki-laki; serta RMN, 30, laki-laki.

Dua penambahan kasus Covid-19 masing-masing berasal dari Gantiwarno, Jogonalan, dan Trucuk. Dua penambahan Gantiwarno yakni ENS, 28, laki-laki dan NFS, 1, perempuan; dua asal Jogonalan adalah U, 31, perempuan dan BA, 25, perempuan; serta dua penambahan asal Trucuk yakni S, 68, perempuan dan MBA, 0, laki-laki.

Berikutnya, penambahan satu kasus Covid-19 berasal dari beberap kecamatan di Klaten. Masing-masing seorang asal Bayat, S, 61, perempuan; seorang asal Polanharjo, AWF, 23, perempuan; seorang asal Pedan. S, 50, perempuan; seorang asal Klaten Tengah, DF, 33, perempuan; seorang asal Wedi, AH, 38, perempuan.

"Sebanyak sembilan orang terpapar virus corona karena kontak erat dengan kasus Covid-19 di waktu sebelumnya. Tiga orang terpapar saat beraktivitas sehari-hari di Klaten dan lima orang lainnya saat berada di luar Klaten," kata Cahyono Widodo, kepada Solopos.com, Selasa (17/11/2020).

Cahyono Widodo mengatakan jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten hingga sekarang mencapai 1.430 orang. Sebanyak 378 orang menjalani perawatan di rumah sakit (RS)/isolasi mandiri. Sebanyak 1.006 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 46 orang meninggal dunia.

Sembuh

Selain penambahan 17 kasus yang didominasi karena kontak erat, di Klaten terdapat tujuh pasien Covid-19 yang sembuh pada hari yang sama. "Hari ini [Selasa], ada tujuh pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh," katanya.

Gunung Merapi Siaga, Sukarelawan dari Sragen Ikut Siaga

Cahyono Widodo mengatakan tujuh pasien sembuh kali ini berasal dari beberapa kecamatan di Klaten. Sebanyak tiga pasien sembuh yang terkonfirmasi, 8 November 2020 berasal dari Jatinom, ESR, 18, perempuan; LAM, 26, perempuan; dan SA, 36, perempuan. Berikutnya, dua pasien sembuh asal Ceper yang terkonfirmasi, 31 Oktober 2020 yakni TH, 54, laki-laki dan W, 44, perempuan.

Pasien sembuh lainnya berasal dari Juwiring, ARP, 22/perempuan (terkonfirmasi 30 Oktober 2020) dan Ngawen, UA, 59/perempuan (terkonfirmasi 6 November 2020).

"Pasien sembuh hari ini seluruhnya sudah menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis," kata Cahyono Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya