Tutup Iklan
Kasus Covid-19 di Klaten Meledak, Terbanyak dari Tulung
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah meledak. Dalam sehari, Rabu (15/7/2020), jumlah kasus di Klaten bertambah 20. Dari 20 tambahan di Klaten itu, Kecamatan Tulung menjadi daerah penyumbang kasus Covid-19 terbanyak.

Ada 12 orang dari Kecamatan Tulung orang yang dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (15/7/2020).

Sisanya, tiga orang dari Kecamatan Polanharjo dan lima orang dari Kecamatan Klaten Utara.

Dari 20 kasus baru di Klaten itu, satu di antaranya sudah dinyatakan meninggal dunia. Satu korban jiwa tambahan akibat Covid-19 di Klaten itu berasal dari Kecamatan Tulung.

Tertangkap di Solo, 2 Maling HP Lintas Kota Ini Nyolong Demi Jajan Esek-Esek

Sebelum meninggal dunia, pasien positif Covid-19 yang memiliki penyakit penyerta itu sempat berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Meski sudah meninggal dunia beberapa waktu lalu, hasil swab positif Covid-19 baru diketahui Gusgas PP Covid-19, Rabu (15/7/2020).

Dari 19 kasus baru yang masih dalam perawatan, 18 berada berbagai rumah sakit (RS) di Klaten. Sedangkan satu pasien dirawat di Kabupaten Kudus.

Ke-18 orang di Klaten itu masing-masing dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras (enam orang), Rumah Sakit Umum Pusat Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten (lima orang), PKU Muhammadiyah Delanggu (tiga orang), dan Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten (sebanyak lima orang).

Kudus

Terpaparnya virus corona terhadap 20 orang tersebut tak terlepas dari dua orang yang bekerja di Kudus. Sehari-harinya, kedua orang tersebut merupakan karyawan swasta di Kudus. Meski bekerja di Kudus, kedua pasien itu bekerja di tempat berbeda.

Salah seorang karyawan swasta asal Kudus sempat dalam kondisi sehat namun sering pulang ke rumahnya di Klaten dalam waktu satu pekan sekali. Sedangkan karyawan swasta lainnya yang bekerja di Kudus sempat balik ke rumahnya di Klaten karena sakit.

Hari Ini Dalam Sejarah: 15 Juli 1099, Tentara Salib Menguasai Yerusalem

"Kami meminta ke warga di Klaten agar tetap tenang dan tidak boleh panik. Tetap disiplin dalam menaati protokol pencegaham Covid-19. Dengan adanya penambahan 20 pasien positif Covid-19 ini, kami kaget. Makanya saya langsung mengadakan rapat terbatas dengan seluruh Gusgas PP Covid-19 tingkat kecamatan di ruang B2 kompleks Setda Klaten sore ini," kata Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Klaten, Rabu (15/7/2020).

Dengan penambahan jumlah 20 kasus baru Covid-19 yang 12 berasal dari Tulung, total kini ada 89 kasus di Klaten. Dari total itu, 47 orang dinyatakan sembuh, 37 orang masih dalam perawatan, dan lima orang meninggal dunia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho