Kasus Covid-19 di Boyolali Menurun, Sudah Sepekan di Zona Kuning

Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19.

 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina, (istimewa)

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina, (istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19. Namun pemerintah tetap akan melakukan tracing dan testing sebagai langkah pemantauan dan penanganan persebaran kasus Covid-19 di Boyolali.

Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, sejak Sabtu (24/7/2021), berdasarkan Indeks Kesehatan Masyarakat (IKM), Boyolali berada di zona kuning. Sebelumnya Boyolali berada di zona oranye atau zona risiko sedang. Bahkan sempat berada di zona merah atau zona risiko tinggi. Status zona risiko rendah masih bertahan hingga Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Meski begitu masyarakat tetap diimbau untuk tidak lengah. Masyarakat diminta agar tetap menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Sebab menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S. Sirvivalina, IKM dihitung berdasarkan puncak kasus tertinggi di suatu daerah.

Dengan begitu, ketika penambahan kasusnya berada di bawah puncak kasus, akan dianggap bagus. Meskipun secara jumlah, kasus yang muncul masih cukup banyak.

Jumlah kasus aktif pada data kasus Covid-19 di Boyolali terus mengalami penurunan sejak pekan ke-26 di tahun ini. Pada 9 Juli 2021, jumlah kasus aktif di Boyolali mencapai 4.007 kasus. Jumlah tersebut kemungkinan menjadi jumlah terbanyak di tahun ini. Namun kemudian jumlah tersebut terus menurun.

Pada Sabtu (31/7/2021), jumlah kasus aktif di Boyolali mencapai 1.639 kasus. Penurunan kasus tersebut bukan karena testing dan tracing yang berkurang. Ratri menyebut, dalam sepekan target testing di Boyolali adalah satu per 1000 jumlah warga penduduk.

Sedangkan selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) realisasi testing bisa di atas dari target tersebut. “Target testing itu standarnya tiap 1.000 penduduk mesti ada satu yang diperiksa per pekan , tapi selama PPKM Darurat kemarin ditingkatkan lagi,” kata dia, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Selain petugas kesehatan, kegiatan testing dan Tracing kasus Covid-19 juga mendapat dukungan dari TNI dan Polri. Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, mengatakatan TNI dan Polri akan membantu dalam pelaksanaan testing dan tracing.

“Saat kunjungan Panglima TNI ke Asrama Haji Donohudan, kemarin, sudah mengarahkan kepada jajaran TNI dan Polri khsusunya babinsa dan bhabinkamtibmas untuk melaksanakan tracking. Untuk kegiatan tracing memang alat pendukungnya adalah antigen dan PCR. Prosedurnya sudah diarahkan,” kata dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Ditanya Soal Duet dengan Ganjar di Pilpres 2024, Menko Airlangga: Masih Jauh Itu

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di acara haul Ki Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Jumat (24/9/2021)

Psywar ke AHHA PS Pati Berlanjut, Gibran: Sponsor Persis Solo Lebih Banyak sampai Jersey-ne Kebak

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melanjutkan psywar kepada AHHA PS Pati dengan menyebut sponsor Persis Solo lebih banyak.

Masjid Tertua di Sragen Ini Simpan Pusaka dari Raja Keraton Solo PB IV, Begini Ceritanya

Salah satu masjid tertua di Sragen yang terletak di Jetiskarangpung, Kalijambe, ternyata juga menyimpan pusaka pemberian Raja Solo.

Pengumuman PPPK Ditunda, Guru Honorer di Solo Pasrah

Guru honorer di Solo mengaku pasrah dengan adanya penundaan pengumuman seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Solo Tuan Rumah Liga 2 Grup C, Komisi X DPR: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru!

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diingatkan agar berhati-hati dalam pelaksanaan pertandingan Liga 2 Tahun 2021 Grup C di Stadion Manahan.

Lokasi Perayaan Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten Ternyata Pernah Dipindah Lho...

Tradisi Yaa Qowiyyu yang digelar setiap bulan Sapar di Jatinom, Klaten, ternyata pernah dipindahkan ke tempat lain.

Bermodal Seragam Loreng, Warga Klaten Curi Aki Motor di Banmati Sukoharjo

Seorang warga Wonosari, Klaten, yang menyamar dengan memakai baju loreng mirip seragam TNI tepergok curi aki sepeda motor di Banmati, Sukoharjo.

Bakal Tampil di Peparnas Papua, Atlet Panahan Wonogiri Ternyata Berlatih di Tegalan

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Jos! Sidowayah Klaten Kembangkan Millenial Smartfarming Biar Petani Nggak Punah

Konsep millenial smartfarming yang dikembangkan di Desa Sidowayah Klaten memadukan teknologi dan manajemen pertanian.

BI Solo: Kasus Upal Boyolali Jadi Temuan Terbesar di Soloraya

Kasus uang palsu atau upal yang diungkap Polres Boyolali dengan sembilan tersangka pada 12 September lalu merupakan temuan terbesar.

Operasi Prokes Gencar Digelar di Bendosari Sukoharjo, Jangan Lupa 5M Ya!

Penurunan PPKM Level di Kabupaten Sukoharjo tak menurunkan intensitas aparat gabungan di Kecamatan Bendosari untuk melakukan operasi protokol kesehatan.

Airlangga dan Ganjar Terlihat Akrab di Jatinom Klaten, Mau Maju Pilpres 2024?

Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo terlihat berziarah di Makam Ki Ageng Gribig Jatinom, Klaten, Jumat (24/9/2021).

RG Mathematical Soft Computing UNS Gelar Pengabdian Masyarakat di Klaten

RG Mathematical Soft Computing Program Studi Matematika UNS Solo melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Rejoso, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten

Waduh, Belum Semua Penyedia Jasa Konstruksi di Karanganyar Daftarkan Pekerja ke BPJS

Pemberi kerja jasa konstruksi wajib mendaftarkan pekerja dalam program JKK dan JKM kepada BPJS Ketenagakerjaan.

2 Pelajar Wonogiri Positif Covid-19 Sebelum Divaksin, Begini Tanggapan Bupati Jekek

Ditemukannya dua pelajar SMP di Wonogiri yang terpapar Covid-19 sebelum divaksin semakin menguatkan alasan kenapa Pemkab Wonogiri belum menggelar PTM.

Pemkab Boyolali Gelar Vaksinasi, Sasarannya Pengelola Objek Wisata hingga Pemandu Lagu

Pemkab Boyolali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19. Kali ini, sasarannya adalah pelaku usaha di sektor pariwisata.