Tutup Iklan

Kasus Baru Positif Covid-19 Indonesia Naik Lagi, Padahal Tes Lebih Sedikit

Jumlah kasus baru positif Covid-19 di Indonesia kembali naik pada Selasa (2/6/2020) setelah sempat menurun dalam 3 hari terakhir.

Kasus Baru Positif Covid-19 Indonesia Naik Lagi, Padahal Tes Lebih Sedikit

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Jumlah kasus baru positif Covid-19 di Indonesia kembali naik pada Selasa (2/6/2020) setelah sempat menurun dalam 3 hari terakhir. Padahal, jumlah tes terhadap spesimen Covid-19 hari ini jauh lebih rendah daripada hari sebelumnya.

Dari data yang dirilis pemerintah, jumlah kasus baru yang terkonfirmasi Covid-19 mencapai 609 orang. Jumlah tersebut naik tajam daripada angka kasus baru pada Senin (1/6/2020) sebanyak 467 kasus.

22 Lab Tak Lapor, Tes Spesimen Covid-19 Hari Ini Jauh di Bawah Target

Total kasus positif Covid-19 di Indonesia yang telah terkonfirmasi kini menjadi 27.549 orang. Angka ini bisa saja lebih tinggi mengingat ada lebih dari 1.000 spesimen yang belum selesai diperiksa hari ini.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan jumlah spesimen yang diperiksa per hari ini sebanyak 9.049 spesimen. Angka ini jauh di bawah target yang diminta oleh Presiden Jokowi yaitu 10.000 spesimen per hari.

Gaji Pekerja China Lebih Tinggi, Kedubes Berdalih Indonesia Belum Mampu

Dengan demikian, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia hari ini bisa saja lebih tinggi daripada yang dilaporkan. Adapun, jumlah spesimen terkait Covid-19 yang telah diperiksa secara kumulatif mencapai 342.464 spesimen yang berasal dari 237.947 orang.

Dari total 342.464 spesimen yang diperiksa, hasil positif dengan pemeriksaan metode real time PCR mencapai 26.868 orang. Sedangkan metode TCM mencapai 681 orang sehingga total kasus positif mencapai 27.549 orang.

Gembar-Gembor New Normal, Ini Kekhawatiran Sekolah di Karanganyar

Di samping kasus positif, jumlah hasil yang negatif Covid-19 di Indonesia secara kumulatif mencapai 210.398 orang. Perinciannya tes melalui metode real time PCR 207.945 orang dan metode TCM 2.453 orang.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat jumlah orang dalam pemantauan terkait dengan Covid-19 pada Selasa mencapai 48.023 orang. Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan jumlahnya 13.213 orang.

Ribuan Spesimen Covid-19 Terlambat Verifikasi Tiap Hari, Ini Alasan Pemerintah

ODP

Terkait banyaknya spesimen Covid-19 yang belum diperiksa, Yuri mengungkapkan data orang dalam pemantauan (ODP). Menurutnya, data ODP merupakan kasus yang masih dalam proses pemantauan di Indonesia, dan belum terkonfirmasi apakah positif Covid-19 hari ini.

Begitu pula untuk data pasien dalam pengawasan (PDP). Data yang disampaikan ke publik setiap hari ialah jumlah pasien yang masih dalam proses pengawasan.

Mantan Sekretaris MA Nurhadi Ditangkap KPK, Kok Baru Sekarang?

“Kasus ODP dan PDP gambaran bahwa masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan, mengabaikan tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak dan tidak menghindari kerumunanan,” ujar Yuri dalam konferensi pers, Selasa (2/6/2020).

Selain kasus positif Covid-19, ada penambahan pasien meninggal sebanyak 22 orang di Indonesia hari ini. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 1.663 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia.

Kerusuhan Demo George Floyd, Laki-Laki Bertato Peta Indonesia Minta Maaf

Di sisi lain, ada penambahan sebanyak 298 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 7.935 pasien Covid-19 yang telah sembuh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jaga Kota Solo Aman, Ormas dan Polisi Harus Lakukan Ini

Kondisi keamanan dan ketertiban Kota Solo merupakan barometer keamanan dan ketertiban skala Nasional. Oleh karenanya rasa persatuan dan kesatuan harus selalu terjaga.

Positif Covid-19, Tujuh Anggota TNI Jalani Karantina Di Benteng Vastenburg Solo

Tujuh anggota TNI positif Covid-19 saat hendak menjalankan tugas TMMD dan saat ini menjalani karantina di Benteng Vastenburg Solo.

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.