SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota TNI/Polri berjaga saat simulasi persiapan pembukaan Pasar Tanah Abang di Jakarta, Kamis (11/6/2020). (Antara-Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, JAKARTA -- Kasus-kasus baru positif virus corona atau Covid-19 di kalangan pedagang pasar masih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya DKI Jakarta. Terakhir, lima pedagang di Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, dinyatakan positif Covid-19.

Data itu didapatkan dari hasil tes cepat dan tes usap atau swab yang kini makin banyak dilakukan. Dengan begitu, kasus positif dari pedagang ini bertambah menjadi total 14 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

5 Hari, Tambah 10 Kasus Baru Positif Covid-19 di Grobogan

"Benar ada penambahan kasus [ baru Covid-19 pasar di Jakarta ], lima orang positif, jadi sekarang jumlahnya menjadi 14 orang. Mereka terjaring dari 180 orang yang ikut tes pekan lalu," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Buana saat dihubungi Bisnis, Jumat (12/6/2020).

Buana mengatakan saat ini kelima pedagang yang tinggal di Kecamatan Kemayoran itu sudah dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet. Sedangkan sebelumnya 7 orang pedagang yang tinggal di Tanjung Priok mendapatkan perawatan dari Puskesmas di dekat domisilinya.

Jaksa Anggap Penyerang Tak Sengaja, Novel Baswedan: Perlu Diajari Mahasiswa

Sementara 2 pedagang dari Pekalongan telah mendapatkan perawatan dari Dinas Kesehatan setempat. Sebelumnya, Perumda Pasar Jaya telah menutup sementara 19 pasar kelolaannya menindaklanjuti kasus 52 pedagang positif Covid-19 di 6 pasar di DKI Jakarta.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin menjelaskan sebanyak 1.418 pedagang telah dites di 19 pasar tersebut. Ditemukan hasil 52 pedagang yang positif Covid-19 di 6 pasar. Pedagang di 3 pasar lain dinyatakan negatif, sementara 10 pasar masih menunggu hasil.

Gunung Kemukus Sragen segera Dibuka Saat Pandemi Covid-19

Tutup Pasar

"Action yang kita lakukan pertama adalah, mau tidak mau, kalau ada yang terindikasi [ kasus Covid-19 ] positif pasar [ Jakarta ] itu ditutup 3 hari. Untuk dilakukan penyemprotan dan sterilisasi. Kalau satu hari, di awal berpikirnya takut virusnya enggak mati. Jadi kita sterilisasi 3 hari tutup setelahnya baru beroperasi lagi," jelasnya, Kamis (11/6/2020).

Selain di Jakarta, jumlah pedagang pasar tradisional di Kota Palembang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tercatat juga terus bertambah. Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Palembang, terdapat 20 pedagang di Pasar Kebon Semai yang positif terpapar virus tersebut. Padahal semula hanya 6 pedagang.

Penularan Covid-19 Naik, PSBB Jabar Diperpanjang Sampai 26 Juni

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Palembang, Yudhi Setiawan, mengatakan total kasus warga terpapar Covid-19 dari pasar tradisional mencapai 25 orang.

Tes Pedagang Pasar

“Ada 25 yang positif. Namun 5 di antaranya adalah pengelola pasar dan masyarakat sekitar yang berinteraksi dengan pasien positif dari pasar ini sebelumnya,” katanya, Jumat (12/6/2020).

Yudhi mengatakan konfirmasi kasus tersebut berdasarkan hasil tes swab kedua yang dilakukan serentak. Pemeriksaan juga hasil tindak lanjut rapid test yang reaktif sejak tahap pertama.

Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Semarang Malah Buka Jalan

Hasil 25 kasus positif Covid-19 pedagang pasar tersebut berasal dari total spesimen sebanyak 39 orang termasuk pihak yang hanya mengikuti rapid test. “Jadi 39 ini, 30 orang swab dan 9 rapid test. Hasil swab 30 spesimen keluar hasilnya hanya ada 5 yang negatif,” jelasnya.

Meski pemeriksaan juga turut diikuti masyarakat sekitar, kata Yudhi, hasil uji laboratorium menunjukkan kasus positif didominasi oleh pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang. “20 orang adalah pedagang, jadi betul memang sebagian besar adalah pedagang di sana,” katanya.

Jumlah Tes Covid-19 Indonesia di Bawah Negara Miskin, Yuri Klaim Kalahkan Vietnam

Menurut dia, kondisi yang positif ini dalam keadaan baik dan tanpa gejala. Bahkan berdasarkan info dari Puskesmas Sekip semuanya sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya