Kasus Baru! Bocah 13 Tahun di Klaten Positif Covid-19
Ilustrasi keluarga lawan Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN -- Bocah perempuan berinisial RFM, 13, asal Karanganom, Klaten, terkonfirmasi positif Covid-19. Ia diduga tertular dari keluarganya yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Penambahan satu kasus baru pasien Covid-19 itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19, Cahyono Widodo. Cahyiono mengatakan RFM kini menjalani perawatan di RSD Bagas Waras.

"Saat ini ada 1 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. Pasien tersebut berinisial RFM (perempuan) umur 13 tahun berasal dari Kecamatan Karanganom," kata dia, sebagaimana rilis kepada Solopos.com, Sabtu (23/5/2020).

Cahyono menjelaskan RFM diduga tertular dari anggota keluarga yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19. Meski menjalani perawatan di RSD Bagas Waras, kondisi RFM baik dan stabil.

Abaikan SE Pemkab, Warga Sukoharjo Akan Gelar Salat Id Berjamaah Di Masjid Kampung

"Bisa jadi ananda RFM ini tertular dari anggota keluarga yang sudah terkonfirmasi positif lebih dahulu," tutur dr. Cahyono.

Dengan bertambahnya satu kasus baru, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih dirawat di Klaten sampai hari ini berjumlah 7 orang.

Segera Rapid Test

Cahyono menyatakan Tim Satgas telah melakukan pelacakan kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien tersebut. Mereka yang terlibat kontak erat dengan pasien akan segera mengikuti rapid test.

Ia juga mengimbau kepada Gugus Tugas RT/RW agar memperketat pemantauan warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten. Begitu pula kepada warga yang baru saja pulang dari luar wilayah, segera untuk melaporkan kepada Gugus Tugas RT/RW.

Round Up Covid-19 Wonogiri: Kasus Positif Tinggal 1, ODP Bertambah

Warga tersebut juga diminta mengisolasi diri selama 14 hari dirumah masing-masing. Apabila mengalami gejala-gejala atau sakit segera periksa ke Puskesmas terdekat.

Tim satgas juga menghimbau untuk seluruh masyarakat agar tidak takut, tidak panik, dan rajin melakukan pola hidup bersih sehat (PHBS). Selain itu, makan makanan yang bergizi dan berjemur antara pukul 9.00-10.00 WIB selama 10-15 menit guna meningkatkan imunitas tubuh.

"Hendaknya masyarakat menaati protokol kesehatan yang berlaku dalam pencegahan penyebaran Covid-19," imbau Cahyono.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho