Kastil Drakula di Rumania, Simpan Misteri Mahkluk Pengisap Darah

Terlepas dari kepercayaan ada tidaknya sosok drakula itu, nama drakula ternyata identik dengan salah satu kastil era abad pertengahan yang masih berdiri tegak di Rumania. K

  Bran Castle di Rumania (Istimewa/bran-castle.com)

SOLOPOS.COM - Bran Castle di Rumania (Istimewa/bran-castle.com)

Solopos.com, SOLO — Berbicara mengenai makhluk mitologi tidak akan asing dengan sosok haus darah yang mengerikan yaitu drakula. Sosok drakula seringkali diangkat dalam berbagai cerita atau bahkan film layar lebar.

Terlepas dari kepercayaan ada tidaknya sosok drakula itu, nama drakula ternyata identik dengan salah satu kastil era abad pertengahan yang masih berdiri tegak di Rumania. Kastil itu menyimpan sejarah panjang dan teori kisah pertumpahan darah yang begitu populer.

PromosiKenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Bangunan dengan nama asli Bran Castle tersebut telah menjelma menjadi destinasi wisata halloween dunia yang lekat kaitannya dengan makhluk malam.

Kastil ini mulai dibangun sekitar tahun 1377 saat pemerintahan Raja Louis I, dengan letak di pegunungan antara Transylvania dan Wallachia.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini : 16 Desember 1989, Revolusi Rumania Pecah

Pada awalnya kastil ini dimaksudkan menjadi sebuah benteng untuk melawan ekspansi Kekaisaran Ottoman dengan menghalangi akses menuju Transylvania.

Louis I tidak secara langsung memimpin dalam pembangunan ini tetapi memberikan wewenangnya kepada orang-orang Saxon di wilayah Brasov, hingga kastil selesai dibangun tahun 1388.

Selanjutnya pada tahun 1407 kastil diberikan kepada Pangeran Mircea dari Wallachia sebagai imbalan atas kesetiaannya oleh Sigismund setelah ketidakstabilan politik yang panjang.

Dari insiden tersebut kastil berkali-kali pindah kepemilikan hingga akhirnya jatuh ke tangan bangsawan Rumania sampai sekarang. Lalu bagaimana bangunan yang menjadi saksi perjuangan Rumania melawan ekspansi Ottoman dihubungkan dengan drakula?

Baca Juga: Porphyria, Kelainan Langka yang Membuat Pengidapnya Tampak Seperti Drakula

Karakter Haus Darah

Dilansir dari website resmi milik Bran Castle, mitos mengenai drakula pertama muncul dalam buku karangan Bram Stoker yang diterbitkan pada tahun 1897.

Banyak teori yang mengatakan bahwa karakter dalam buku yang haus darah dianggap berdasarkan dari kisah Vlad Tepes III (Vlad the Impaler) atau yang lebih dikenal sebagai Vlad Dracul yang merupakan pangeran dari Wallachia.

Terkenal sebagai seseorang yang bengis, Vlad dikisahkan sering menusuk musuh-musuhnya di tiang untuk mengkonsolidasikan kekuatan politiknya di Walachia.

Baca Juga: Misteri Alas Ketonggo Srigati Ngawi yang Pernah Disinggahi Brawijaya V

Beberapa orang juga mendengar bahwa ketika korbannya sekarat Vlad akan mencelupkan roti di darah dan memakannya langsung di hadapan korban.

Belum dibuktikan secara pasti apakah Vlad benar-benar mengkonsumsi darah, namun ditemukan persamaan latar tempat antara novel dengan suasana kastil di Transylvania.

Dalam novelnya Stoker menggambarkan bahwa drakula tinggal di sebuah kastil dengan deskripsi yang sangat mirip dengan Bran Castle, bahkan deskripsi tersebut tidak ada kemiripan lain dengan seluruh kastil yang ada di Rumania.

Teori ini diperkuat dengan pengambilan karakter menggunakan nama Dracula yang dimana memiliki asosiasi kuat pada Vlad dan ayahnya. Dracul merupakan nama marga ayah Vlad setelah diangkat menjadi ordo ksatria, marga ini berasal dari bahasa latin ‘draco’ yang berarti naga.

Baca Juga: Catatan Peristiwa Dunia Hari ini: 12 September 1309, Kerajaan Kastilia Rebut Gibraltar

Vlad Tepes memang memiliki hubungan dengan Bran Castle, dia terlibat dalam beberapa kampanye menghukum pedagang Jerman di Brasov yang tidak mematuhi perintahnya. Tetapi tidak ada dokumen yang menjelaskan apakah Vlad merebut kastil dan tinggal di dalamnya.

Dokumen tersebut hanya berisi arsip kegiatan di dalam kastil yang bersifat administratif dan mengacu pada pendapatan serta pengeluaran, dengan sedikit menyebutkan peristiwa politik dan militer.

Hal tersebut masih menjadi tanda tanya hingga musim gugur tahun 1462 dalam buku yang ditulis oleh Gheorghe Lazea Postelnicu, memuat bahwa Vlad pernah menjadi tahanan dalam Bran Castle selama dua bulan setelah mengalami kekalahan dari Matei Corvin.

Terlepas dari apakah Vlad benar-benar dracula ataukah hanya sumber inspirasi bagi pengarang buku, pihak dari Bran Castle meminta pengunjung untuk bisa membedakan antara realitas sejarah kastil dengan karakter dalam novel karangan Bram Stoker.

Visitors to Bran Castle should make the distinction between the historic reality of Bran and the character of the Count in Bram Stoker’s novel. Dracula exists in the imagination,” demikian pernyataan dari pihak kastil dikutip dari website resmi bran-castle.com pada Rabu (26/1/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Jenazah Eks Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Dimakamkan di Batu

Achmad Yurianto yang pernah menjabat sebagai Juru Bicara Covid-19 tutup usia setelah sekian lama berjuang melawan sakit kanker usus.

Innalilahi, Mantan Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Berpulang

Kali terakhir, almarhum Achmad Yurianto menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Gagal Jadi Ketua DPD Demokrat, Bayu Airlangga Loncat ke Partai Golkar

Bayu Airlangga menyatakan keluar dari Partai Demokrat karena dirinya tidak terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur periode 2022-2027.

Mantan Anggota KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia Akibat Stroke

Sebelumnya, Viryan Aziz mendapatkan perawatan di RS Abdi Waluyo karena mengalami stroke.

Harga Pertalite Rp7.650, Jokowi: Rakyat Harus Bersyukur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta rakyat bersyukur karena pemerintah terus menahan agar harga Pertalite tidak naik.

100 SMA Terbaik Jateng Versi LTMPT, Jadi Referensi PPDB 2022

Ada 171 SMA di Jateng yang masuk daftar 1.000 sekolah terbaik nasional. Berikut daftar 100 SMA terbaik di Jateng.

Jokowi dan Ganjar Kompak ke Acara Projo, Ini Komentar Warganet

Sebagian besar warganet menganggap ucapan Jokowi itu sebagai kode bahwa Presiden RI itu memberi restu kepada Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024.

Jokowi dan Ganjar Hadiri Rakernas Projo, Warganet: Kode Keras Bos!

Kehadiran Jokowi dan Ganjar dalam rakernas sukarelawan Pro Jokowi itu langsung memantik spekulasi terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mantap! 3 SMA di Solo Masuk 100 Sekolah Terbaik Nasional

Ada tiga SMA di Solo yang masuk daftar sekolah terbaik berdasarkan UTBK 2021 yang dirilis LTMPT.

Peduli Pendidikan, PT Paragon Dorong Pengembangan Skill Guru

PT Paragon, perusahaan yang memiliki produk utama berupa produk kosmetik tersebut juga menaruh perhatian besar pada sektor Pendidikan.

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Serang Koloni Monyet Denmark 1958, Monkeypox Berevolusi Infeksi Manusia

Penyakit cacar monyet atau monkeypox kali pertama menyerang koloni monyet di Kopenhagen, Denmark, pada 1958. Virus ini disebut telah berevolusi hingga bisa mewabah dengan menular ke manusia akhir-akhir ini.

Dorong Kreativitas Mahasiswa, ITS Surabaya Tumbuhkan Semangat Kompetisi

Upaya untuk mendorong mahasiswa berprestasi terus dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mahasiswa diarahkan ke ajang kompetisi nasional maupun internasional.

Solopos Hari Ini: Listrik Bersubsidi Tak Naik

Pemerintah akan menaikkan seluruh subsidi kompensasi untuk mencegah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan listrik bersubsidi.

10 Berita Terpopuler : Semarang Kota Terpanas - Gibran Tambah Mumet

Informasi soal kota terpanas di Jateng hingga Wali Kota Solo Gibran tambah mumet masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com Sabtu pagi.