SOLOPOS.COM - Calon perwira yang akan dilantik dan diambil sumpah mengikuti geladi bersih di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Minggu (19/11/2017). (Istimewa)

187 Perwira baru akan dilantik Kasau besok.

Solopos.com, KARANGANYAR — Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dijadwalkan melantik dan mengambil sumpah 187 siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI AU angkatan ke-20 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Selasa (21/11/2017).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Penempatan perwira baru ini tergantung kebutuhan. Sehingga misalnya mereka yang berasal dari A, nanti pada penempatan baru belum tentu kembali ke daerah asal. Karena bisa ke daerah lain,” ujar Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel (Pnb.) M. Tonny Harjono ketika ditemui di sela-sela geladi bersih upacara pelantikan siswa Setukpa di di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Minggu (19/11/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia para perwira nanti sebagian besar ditempatkan di luar Pulau Jawa, untuk menempati struktur jabatan-jabatan yang kosong pada satuan AU di seluruh Indonesia. Penempatan para perwira ini nanti ditangani Bagian Dinas Administrasi dan Personel AU Markas Besar TNI AU.

Sementara itu mereka yang mengikuti Setukpa, berasal dari pangkat bintara yang lolos seleksi dari daerah asal. Di Lanud Adi Soemarmo mereka digembleng selama delapan bulan dan setelah lulus naik pangkat menjadi perwira yaitu letnan dua.

Sedangkan Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adi Soemarmo, Kapten (Sus.) Mugiyanto menambahkan pendidikan Setukpa adalah pendidikan untuk mengubah sikap mental dari seorang bintara menjadi seorang perwira yang mumpuni sesuai dengan korps masing-masing. Dia mengutarakan setiap perwira Setukpa dituntut memiliki daya intelegensia memadai dan memiliki kesamaptaan jasmani yang prima.

Mugiyanto membeberkan dari 187 siswa yang mengikuti Setukpa, 20 di antaranya merupakan wanita angkatan udara atau Wara. Sedangkan lulusan terbaik direbut Letda (Kes.) Suhartono dari Satuan Binjas Lanud Iswahyudi, Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya