SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA- Polsekta Gondokusuman, Jogja menangkap seorang teknisi komputer Heri Subagyo, 34, warga Temanggung, Jawa Tengah. Heri diduga menggadaikan 70 laptop milik konsumen di tempat ia bekerja.

“Modusnya laptop servis-an milik pelanggannya digadaikan. Ketika pelanggannya akan mengambil laptop dibilang belum selesai dengan berbagai alasan kerusakan,” kata Kepala Polsekta Gondokusuman Komisaris Polisi Eddy Sugiharto, Minggu (21/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Eddy mengungkapkan, kejadian itu bermula dari laporan pemilik salah satu toko komputer di Jalan Cikditiro, Terban, Jogja pada 8 September lalu. Saat itu korban menerima pengaduan dari sejumlah konsumen, yang laptopnya di servis di toko milik korban.

Korban sempat mengingatkan kepada tersangka Heri untuk mengembalikan laptop konsumen. Namun tersangka tidak sanggup.

Alih-alih mengembalikan, tersangka malah mengambil laptop baru milik toko yang kemudian diberikan pada konsumen untuk mengganti laptop yang diservis. Akibatnya korban mengalami kerugian sekitar Rp170 juta.

Dari laporan korban, polisi kemudian memanggil tersangka pada Jumat (19/9/2014). “Setelah kami lakukan pemeriksaan kami tetapkan tersangka kemudian kita tahan di Mapolsek,” tegas Eddy.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsekta Umbulharjo Inspektur Polisi Satu (Iptu) Purnomo menambahkan, perbuatan tersangka menggadaikan laptop milik konsumen toko ternyata sudah dilakukan sejak setahun lalu tanpa sepengetahuan bosnya.

Total laptop yang digadaikan tersangka sebanyak 70 unit berbagai merek. “Tiap laptop digadaikan dengan harga Rp1,5 hingga Rp4 juta,” imbuh Purnomo.

Menurut Purnomo, alasan tersangka menggadaikan laptop karena memiliki hutang. Namun, alasan itu tidak menjadi pembenar tersangka melakukan perbuatan melawan hukum.

Tersangka dijerat pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan Penipuan dengan ancaman hukuman penjara paling lama empat tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya