Karyawan Pertambangan di Kebakkramat Ketahuan Positif Covid-19 Saat Urus Surat Sehat untuk Balik ke Kalimantan
Ilustrasi rapid test. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR – Seorang pria karyawan pertambangan di Kebakkramat, Karanganyar, dinyatakan positif Covid-19. Statusnya terinfeksi virus corona diketahui saat dia mengurus surat sehat sebagai bekal kembali ke Kalimantan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu tercatat warga Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat. Saat ini, pria 31 tahun itu dirawat di RS Dr. Oen Solo.

Pria itu bekerja di salah satu perusahaan pertambangan di Kalimantan. Dia berada di Karanganyar sejak awal Mei 2020 karena mengajukan cuti. Dia menumpang pesawat dari Kalimantan dan turun di DIY. Dia mengikuti prosedur protokol kesehatan begitu sampai Karanganyar.

Waspada Superspreader! Faktor Utama Penyebaran Virus Corona

Dia melapor kepada pos komando Covid-19 desa setempat dengan menunjukkan hasil rapid test di Kalimantan non-reaktif. Dia pun menjalani karantina mandiri 14 hari.

Selama di Karanganyar, pria Kebakkramat positif Covid-19 itu hanya keluar rumah untuk mengantar orang tua ke RSUD Moewardi Solo. Dia menemani orang tuanya yang menderita stroke untuk pemeriksaan rutin pada 26 Mei 2020.

Dia juga sempat ke Kantor Samsat Karanganyar pada 28 Mei 2020 untuk membayar pajak kendaraan. Pulang dari Kantor Samsat Karanganyar, dia mampir ke RS Dr. Oen Solo untuk menjemput tetangga yang sakit.

Bikin Surat Sehat

Dia berencana pulang ke Kalimantan karena masa cuti hampir habis. Oleh karena itu, pria Kebakkramat positif Covid-19 itu mengurus persyaratan kesehatan.

Terciduk Indehoi di Hotel Melati Klaten, 5 Pasangan Kumpul Kebo Cuma Disanksi Wajib Lapor

Saat menjalani rapid test untuk membuat surat keterangan sehat, hasilnya ternyata reaktif. Informasi tersebut dibenarkan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karanganyar, Juliyatmono. Selanjutnya pria Kebakkramat itu menjalani swab test dan hasilnya positif Covid-19.

"Dia mau mengurus persyaratan kesehatan untuk kembali ke Kalimantan. Hasil rapid test reaktif. Periksa di RS Dr. Oen Solo. Pihak rumah sakit meminta dia swab test Covid-19. Hasilnya keluar Sabtu itu positif Covid-19," kata Bupati saat dihubungi Solopos.com, Minggu (7/6/2020).

Ditemukan Mengapung di Tepi Bengawan Solo, Jenazah Satpam Cantik Sragen Masih Berseragam Lengkap

Yuli, sapaan akrabnya, menyampaikan pasien sudah menjalani perawatan dan karantina mandiri di RS Dr. Oen. Dia menyampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar melacak orang-orang yang berkontak erat dengan pasien tersebut.

"Ada 20 orang. Mereka diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing," terang Juliyatmono.

Dengan penambahan satu kasus positif tersebut, saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Karanganyar menjadi lima orang.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom