Tutup Iklan

Karyawan Pabrik Dapat Fasilitas Periksa VCT

 ilustrasi

SOLOPOS.COM - ilustrasi

harianjogja.com, BANTUL–Sebanyak 100 karyawan PT Madu Baru atau pabrik gula Madukismo di Kecamatan Kasihan, Bantul mendapatkan fasilitas rujukan layanan gratis melakukan pemeriksaan voluntary counseling testing atau (VCT) dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bantul.

Aktivis KPA Bantul Endah Wahyu Ratnaningsih mengatakan layanan VCT gratis diharapkan bisa dimanfaatkan pekerja perusahaan yang memang menjadi sektor paling rawan terindap HIV dan AIDS yang jumlahnya terus meningkat.

“Layanan ini gratis tidak dipungut biaya, cukup hanya bayar retribusi saya Rp 5.500 per orang, Kami kami harapkan fasilitas pemeriksaan VCT ini terserap secara maksimal untuk kalangan pekerja,” kata Endah di sela-sela menggelar kegiatan sosialisasi HIV-AIDS di kalangan pekerja perusahaan Madu Baru, Kamis (12/12/2013).

Secara teknis fasilitas VCT gratis bisa digunakan di RSUD dan Puskesmas Kretek untuk memastikan dirinya terindap HIV-AIDS atau tidak. Diakui Endah, penyebaran HIV dan AIDS kini mengalami tren penularan paling rentan di kalangan pekerja perusahaan atau buruh industri. Langkah sosialisasi dan pemberian layanan VCT gratis akan terus diberikan kepada karyawan perusahaan lain berada di Bantul.

Sosialisasi yang merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan hari HIV/AIDS sedunia 2013 di kalangan pekerja pabrik gula di Bantul kemarin diikuti 100 karyawan di kompleks perusahaan juga diikuti kepala bagian personalia dan umum PT  Madu Baru Retno Isharsriyani.
Kegiatan juga menampilkan berbagai narasumber seperti Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Bantul Srining Wismi serta dari LSM Vesta Fahmi Sohibun Nurul Huda. Peserta sosialisasi HIV/AIDS di PT Madu Baru diprioritaskan pada laki-laki menyusul pola penularan HIV/AIDS di Bantul cenderung karena persoalan berganti-ganti pasangan. Hanya, informasi tersebut juga disebarkan kepada karyawati yang sebagian merupakan ibu muda. Para pekerja yang selama ini minim akses informasi tentang HIV/AIDS dikenalkan dari awal virus yang sampai kini belum ada obatnya serta cara-cara penularan.

Di Bantul, jumlah orang dengan HIV/AIDS (Odha) sudah cukup memprihatinkan. Sampai 2013 ini terdeteksi jumlah pengindap HIV-AID di Bantul 438 orang dengan perincian HIV sebanyak 189 dan positif AIDS 249. “Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya tercatat 177 HIV dan 223 AIDS,” katanya.

Wahyu salah satu karyawan PT Madu Baru mengaku selama ini mengenal HIV/AIDS hanya dari sumber yang tidak jelas. Informasi penting kalangan pekerja ini dibutuhkan agar keluarga karyawan juga dapat mengenal bahaya dari HIV/AIDS.


Berita Terkait

Berita Terkini

WHO Minta Dunia Waspada Varian Baru Covid-19 Kelima, Omicron Namanya

WHO menyebut varian baru Covid-19 yang dinamai omicron ini menyebar lebih cepat. Belum diketahui ekeftivitas vaksin yang ada terhadao varian baru kelima ini.

Ikatan Cinta 27 November 2021: Diciduk Al, Iqbal Keceplosan Soal Irvan?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 27 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Desa Jangglengan dan Kisah Pesanggrahan Raja Solo di Hutan Jati

Desa Jangglengan di Nguter, Sukoharjo, dulu pernah jadi pesanggrahan Raja Keraton Solo PB IX untuk bersemadi saat masih berupa hutan jati.

Presiden Jokowi Curhat Target Vaksinasi WHO Sulit Tercapai Karena Ini

Jokowi mengatakan saat ini lebih dari 7,6 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia, namun kesenjangan akses terhadap vaksin masih lebar.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ternyata ini hlo sosok Pegawai Negeri Sipil atau PNS terkaya di Indonesia, mempunyai harta mencapai Rp1,6 triliun.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.