Tutup Iklan
Gaji Rp 3 Jutaan Pengin Beli Mobil? Begini Saran dari Perencana Keuangan
Ilustrasi penasaran (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Tak sedikit karyawan dengan gaji sekitar 3 hingga 4 jutaan Rupiah ingin beli mobil menyusul hadirnya berbagai mobil murah di Indonesia.

Lalu, bagaimana tanggapan Perencana Keuangan terkait hal ini?

Andy Nugroho, Perencana Keuangan dari Advisors Aliance Group Indonesia mengatakan, karyawan dengan gaji 3 hingga 4 jutaan Rupiah per bulan memang bisa menyisihkan uangnya untuk beli mobil. Namun, lebih baik dipikirkan terlebih dahulu.

"Menurut saya pribadi sebelum kita memutuskan ambil mobil dengan kondisi gaji 3 sampai 4 juta Rupiah, pertanyaannya adalah sudah seberapa urgent sih kita untuk punya mobil? tanya Andy dilansir Detik.com, Selasa (3/3/2020).

Tetap Cantik Meski Keringatan, Ini Gaya 5 Artis Indonesia Saat Sepedaan

Apalagi bagi karyawan yang sudah berkeluarga. Hal yang paling utama adalah mencukupi kebutuhan utamanya seperti pangan, papan, sandang dan juga pendidikan anak-anak. Itu yang utama.

"Kalau memang itu belum bisa dicukupi, saya enggak menyarankan dia menyisihkan uang untuk ambil mobil. Walaupun dia butuh karena mungkin suatu ketika dia harus jalan-jalan sama keluarganya," tambah dia.

3 Resep Menu Vegetarian Lezat Mirip Olahan Daging

"Bahkan buat orang yang sudah berkeluarga, sudah punya anak. Terus kemudian mereka merasa butuh mobil untuk jalan-jalan sama keluarga. Karena misal dia dalam seminggu lebih banyak memakai motor atau angkutan umum ke tempat kerja. Berarti, mobilnya hanya dipakai Sabtu dan Minggu doang. Kalau saya sih daripada untuk beli mobil karena itu butuh maintenance juga. Mending dia pakai Grabcar atau Gocar untuk jalan-jalan sama keluarga," saran dia.

Beli Mobil Untuk Taksi Online

Lain halnya, jika seseorang dengan gaji 3 hingga 4 jutaan Rupiah ingin beli mobil untuk menjadi pengemudi taksi online.

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget, Nomor 2 Bisa Nggak?

"Kalau kemudian kebutuhannya untuk [taksi online] misalnya mau ngeGrab atau Gocar, itu masih diperbolehkan. Tapi kalau misalnya hanya untuk sekedar lifestyle, punya-punyaan saja. Saya sih belum melihat itu sebagai suatu yang urgent," lanjutnya.

Begini Cara Bahagiakan Suami Ala Tante Ernie Pemersatu Bangsa

Namun jika karyawan dengan gaji 3 hingga 4 jutaan Rupiah memang benar-benar butuh beli mobil, Andy menyarankan menabung dulu untuk uang muka.

Wow! Youtuber Cantik Asal China Raup Rp72 Miliar dari Konten Seperti Ini

"Karena dengan penghasilan seperti (Rp 3 juta-Rp 4 juta) itu, enggak yakin lolos BI checking sih. Kecuali sudah menabung sejak jauh hari, kemudian nge DP-innya jauh lebih besar dibandingkan promo dealer," pungkasnya.

Pengin Tajir? 5 Usaha Kuliner Online Ini Patut Dicoba

5 Film Horor Terbaik Ini Diangkat dari Kisah Nyata, Sudah Nonton?

Kenapa Tidak Boleh Menyimpan Buah Semangka di Kulkas?

Kenapa Makan Kuaci Bagus untuk Pertumbuhan Anak?

Kumpulan Tips Keuangan

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho