SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA— Karyawan yang sedini mungkin mempersiapkan pensiunnya akan punya jaminan kehidupan yang layak jika tidak lagi aktif bekerja.

Rheza Karyanto,  Assistant Vice President Head of Investment Bancassurance dan Treasury Products Commonwealth Bank Indonesia, mengatakan karyawan harus memanfaatkan kelebihan yang dia miliki dibandingkan dengan rekan-rekan yang punya usaha sendiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kelebihan itu antara lain adanya penghasilan tetap setiap bulan, uang kesehatan serta bonus kinerja kerja. Tentunya hal ini memudahkan kita untuk menabung dan mengumpulkan dana pensiun karena jumlahnya bisa dipertimbangkan sejak dini,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (21/10/2013).  Berikut ini adalah tiga tips investasi bagi  para karyawan yang disarankan Rheza:

1. Investasi Teratur
Sisihkan gaji sebanyak 10% – 30% (idealnya) untuk investasi, diluar untuk menabung dan bayar hutang. Uang ini harus diutamakan seperti kewajiban yang harus dibayarkan pertama kali ketika mendapatkan gaji. Untuk memudahkan, gunakan AutoInvest sebagai alat berinvestasi Anda.

2. Investasi Aman
Rencanakan dengan baik dan dalam jangka waktu panjang. Jangan mudah tergoda tawaran Investasi tidak wajar dengan jaminan keuntungan besar dalam waktu singkat, seperti skema ponzi, piramida, dan permainan uang lainnya. Jika tidak memiliki keahlian khusus, tidak disarankan berspekulasi lewat futures, valas spekulasi, komoditas serta saham eksotik, dan sebagainya.

3. Investasi Pintar
Investasi itu bukan hanya uang, kita bisa melakukannya dalam rupa ilmu pengetahuan. Manfaatkan fasilitas perusahaan yang sering memberi training dan pelatihan. Jangan pernah puas untuk menambah pengetahuan tentang investasi. Hal-hal tersebut yang membuat semakin hari kita bertambah pengetahuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya