SOLOPOS.COM - Api kebakaran Wilis itu terlihat dari Desa Kresek, Wungu, Madiun, Jumat (23/10/2015) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Sistem ini diklaim mampu kerja lebih cepat dalam memberikan informasi kebakaran.

Harianjogja.com, JOGJA- Empat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada mengembangkan sistem peringatan dini kebakaran hutan dengan kemampuan kerja lebih cepat dalam memberikan informasi kebakaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Empat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengembangkan sistem peringatan dini (Early Warning System) tersebut adalah Yusuf Ginanjar Putra, Gewin Bestralen Muntoha, Ryan Tirta Saputra, dan Karrina Swastikaningsih.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sistem deteksi berbasis satelit yang selama ini digunakan memang mampu mendeteksi kehadiran spot api namun tidak dapat memberikan informasi mengenai dimensi dari spot api tersebut,” kata Yusuf Ginanjar di Gedung Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM) seperti dikutip Antara,  Rabu (15/6/2016).

Menurut dia sistem yang ia kembangkan bersama tiga rekannya mampu mendeteksni kemunculan titik api dan mengetahui dimensi spot api di suatu wilayah dengan sensor berupa gelombang inframerah.

Ia mengatakan, apabila luasan titik api telah melebihi 100 meter persegi maka sensor sistem akan mengirimkan sinyal ke pusat pemantauan titik api yang selanjutnya direspons untuk segera dilakukan pemadaman titik api.

“Dengan demikian pengendalian api dapat dilakukan tepat waktu dan kebakaran tidak meluas,” kata dia.

Yusuf menilai selama ini kebakaran hutan sudah terlanjur menjalar luas sebelum dapat dideteksi. Akibatnya, proses antisipasi menjadi sulit dilakukan.

“Proses transmisi dengan memanfaatkan gelombang radio menjadi keunggulan dari sistem ini, mengingat kondisi hutan yang biasanya sulit dijangkau untuk sistem komunikasi yang lain,” kata dia.

Menurut dia spot api dengan luas 100 meter persegi berpotensi menyebabkan kebakaran hutan, namun di bawah luasan tersebut spot api cenderung tidak berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya