SOLOPOS.COM - Ilustrasi bibir merah alami (magforwomen.com)

Harianjogja.com, SLEMAN-Berawal dari kurangnya kesadaran menjaga kebersihan gigi, lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan kalender gigi.

Kelima mahasiswa itu seperti Ahmad Ridwan, Atsana Rizki dan Nover Sri Wahyu, merupakan mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM, sedangkan Bagus Afrianto dan Ratiham Nurul dari Fakultas Teknik (FT) UGM. Adapun kalender gigi ini terbuat dari kertas karton yang berwujud kalender tempel dan kalender meja.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Ahmad Ridwan, pioner dalam penciptaan kalender gigi tersebut mengungkapkan ide pembuatan kalender merupakan sebuah pencermatan terhadap sikap masa bodoh masyarakat terhadap kesehatan gigi. Dalam pengamatannya dia melihat orang terserang sakit gigi lantaran tidak teratur merawat gigi. Dari survei yang ia adakan bersama tim menunjukkan hampir 90% gigi berlubang terjadi pada anak-anak karena kelalaian orangtua.
Bukan lantaran kebiasaan anak-anak suka makan yang manis-manis.

“Dengan kalender edukasi gigi itulah, ke depan bisa menjadi acuan para orangtua dalam mengontrol jadwal kunjungan ke dokteer gigi. Bahkan, mereka juga bisa menjadikan kalender itu untuk mengontrol kesehatan giginya sendiri” terangnya.

Bentuk kalender cukup tebal karena juga berisi penanggalan selama 10 tahun. Di ambil jangka panjang karena, satu dekade menjadi masa-masa pertumbuhan gigi anak-anak sehingga pantauan terhadap kesehatan gigi si anak tetap bisa terpantau selama masa pertumbuhannya. Alat ini juga menyediakan space untuk catatan rekam medis keluhan gigi selama 10 tahun itu, baik yang diderita anak-anak maupun orang dewasa.

Sisi paling menonjol dari kalender gigi tersebut adalah perwajahan dalam setiap lembar halamannya. Semuanya berhubungan dengan gigi. Menu tentang makanan yang aman bagi gigi sensitif ada, cara mencegah gigi berlubang, mengobati sakit gigi hingga gambar-gambar struktur gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya