Kartu Tol, Begini Cara Mengisi dan Menggunakannya

Jalan tol menjadi pilihan masyarakat yang melakukan perjalanan, cara pembayarannya pun mudah cukup menggunakan kartu tol.

 Gerbang Tol Bawen-Salatiga (Sumber: Liputan6.com)

SOLOPOS.COM - Gerbang Tol Bawen-Salatiga (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Jalan tol menjadi pilihan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan balik Lebaran 2022. Untuk pembayarannya, kini sudah menggunakan kartu tol atau kartu e-Toll.

Sehingga antrian di pintu masuk maupun pintu keluar tol bisa diminimalisasi. Hanya saja banyak yang belum mengerti secara penuh penggunaan kartu e-Tol tersebut.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Bahkan ada yang lupa mengecek saldo kartu tol sehingga tidak mengisi ulang. Akibatnya ketika digunakan saldo tak mencukupi dan pintu tol tak mau membuka.

Nah, biar tidak kesulitan saat menggunakan jalan tol sebaiknya pahami beberapa informasi berikut ini yang dikutip Solopos.com, dari laman Auto 2000.

Untuk diketahui penggunaan kartu tol elektronik telah diterapkan di seluruh gerbang tol yang ada di Indonesia dengan beberapa tujuan. Selain mempercepat karena tidak menunggu kembalian, juga mencegah antrian terlalu panjang.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Tarif Tol Secara Online, Mudah Kok

Untuk menggunakan kartu tol, Anda hanya perlu menempelkan kartu tol ke bagian yang ditunjuk di pintu tol. Tahan posisi kartu selama beberapa detik agar dapat terdeteksi oleh alat tersebut.

Jika sudah terdeteksi, layar di bagian depan alat pendeteksi akan memberikan sejumlah informasi, yaitu berapa harga tarif tol yang dibayarkan dan berapa sisa saldo yang terdapat di dalam kartu tol.

Agar dapat digunakan saat menggunakan jalan tol, kartu tol harus memiliki saldo yang mencukupi untuk membayar tarif tol yang dilalui kendaraan Anda.

Saldo di dalam kartu tol sendiri juga harus diisi setiap ingin pergi, khususnya untuk jarak tempuh yang jauh. Mengisi saldo kartu tol sudah semakin mudah pada saat ini.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Apek Dalam Mobil Dengan Bahan Alami

1. Mengisi di Bank

Ada beberapa bank yang telah mengeluarkan produk kartu tol sendiri. Jika memang memiliki salah satu kartu tol keluaran bank, maka Anda bisa mengisinya di bank tersebut.

2. Mengisi di Supermarket

Selain di bank, Anda dapat mengisi saldo di minimarket, cukup ke kasir lalu minta pengisian saldo sesuai kartu tol dari bank tersebut. Isi saldo mudah dan cepat karena diurus oleh kasir.

3. Mengisi dengan Smartphone

Berbagai smartphone saat ini memiliki satu fitur bernama NFC. Fitur ini dapat membaca isi dari kartu yang ditempelkan ke bagian smartphone, termasuk kartu tol sendiri.

Anda bisa mengisi kartu tol di smartphone dengan fitur NFC menggunakan bantuan aplikasi lainnya. Aplikasi yang dimaksud seperti aplikasi bank atau e-commerce. Prosesnya pun terhitung cepat dan mudah bagi para pemula.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Daihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

      Daihatsu Rocky adalah mobil dengan harga Rp200 jutaan yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp99.000.

      Daihatsu Rocky, Sahabat Eksis dengan Fitur Keselamatan Canggih

      Selain itu, yang istimewa pada Daihatsu Rocky adalah teknologi keselamatan yang terdapat khusus pada varian ASA.

      Daimler Masih Siap Boyong Prototipe Bus Listrik

      Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) sebagai perusahaan distribusi kendaraan komersial Mercedes-Benz berencana untuk memboyong prototipe unit bus listriknya ke Indonesia pada kuartal I/2023 mendatang. 

      Daihatsu Beberkan Tips Aman Kendarai Mobil di Jalanan Naik-Turun

      Melintasi jalan naik-turun yang harus diperhatikan adalah kenali kemampuan dalam berkendara dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan.

      Cara Naik KRL Commuterline Solo-Jogja Tanpa Kartu, Bayar Pakai GoPay & LinkAja

      Berikut ini terdapat cara naik KRl Commuterline Solo-Jogja tanpa menggunakan kartu KMT maupun e-money, tapi bayar dengan GoPay atau LinkAja.

      Biaya Isi Bensin Full Tank Mobil Avanza dengan BBM Jenis Pertalite dan Pertamax

      Segini biaya yang harus dikeluarkan untuk mengisi bensin full tank BBM jenis Pertalite atau Pertamax untuk mobil Avanza.

      Tarif Tiket KA Bandara Solo Terbaru, Lengkap dengan Jadwalnya

      Berikut ini terdapat tarif tiket dan jadwal perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS) dari Stasiun Solo Balapan.

      Tempuh 120 Km, 35 Bikers Uji Ketangguhan Honda ADV 160 Libas Aneka Medan Jalan

      Para bikers yang telah memiliki skutik penjelajah New Honda ADV 160 mengaku bahwa DNA Explorer Touring pada motor New Honda ADV 160 ini sangat terasa.

      Jelang G20, Hyundai Siapkan 400 Mobil Listrik bagi Kepala Negara

      Mobil listrik bakal menjadi kendaraan utama para delegasi G20 di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung November 2022 di Pulau Bali. 

      Dukung Pertemuan Menteri G20 di Bali, Astra Siapkan 90 Unit Kendaraan Listrik

      Astra berkomitmen menyukseskan kelancaran pertemuan ketiga TIIWG serta Pertemuan Tingkat Menteri Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali pada Senin-Jumat (19-23/9/2022).

      Hindari Modifikasi Bagian Ini, Agar Garansi Motor Tak Hangus

      Hobi modifikasi motor saat ini lazim dilakukan oleh sejumlah pemilik kendaraan. Namun sebaiknya hindari modifikasi yang membuat garansi hangus.

      Nasmoco Hadirkan Kendaraan Elektrifikasi hingga Kemudahan Pembelian Toyota

      Nasmoco menghadirkan Toyota C+Pod (Full Battery Electric Vehicle), Toyota Prius HEV dan Toyota New C-HR HEV dalam pameran “Nasmoco Toyota Electric Vehicle Auto Show” di Atrium Mal Paragon, Semarang Rabu-Minggu(21-25/9/2022).

      Meluncur di Pasar Otomotif Indonesia, Ini Spesifikasi Honda CBR250RR

      Honda CBR250RR resmi dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) ke pasar otomotif Indonesia dengan sejumlah perubahan. Berikut spesikasi Honda CBR250RR.

      Rincian Biaya Balik Nama Mobil, Biar Mudah Pas Perpanjangan STNK

      Biar tidak repot saat perpanjangan STNK mobil bekas, sebaiknya segera balik nama mobil tersebut, ini rincian biayanya.

      Harga Honda CBR250RR Supersport yang Resmi Hadir di Indonesia

      PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan produk terbarunya Honda CBR250RR buat penggemar big bike dan motor sport. Berapa harga CBR250RR.

      Warna Baru untuk Motor Suzuki Satria F150 Edisi Spesial

      Warna baru dihadirkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk salah satu produknya, yakni sepeda motor Satria F150 edisi spesial.