Kartu Tani Belum Familiar, Penyaluran Pupuk Bersubsidi Wonogiri Rumit

Proses penebusan menggunakan kartu tani dan pelaporan administrasi penyaluran pupuk bersubsidi saat ini rumit.

 Anggota staf Perwakilan Daerah Penjualan Soloraya PT Petrokimia Gresik, Kurniawan Adi Candra, memberi sambutan pada acara penandatanganan surat perjanjian jual beli (SPJB) 2022 oleh distributor dan 177 KPL di aula rumah makan Saraswati, kawasan kota Wonogiri, Rabu (26/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Anggota staf Perwakilan Daerah Penjualan Soloraya PT Petrokimia Gresik, Kurniawan Adi Candra, memberi sambutan pada acara penandatanganan surat perjanjian jual beli (SPJB) 2022 oleh distributor dan 177 KPL di aula rumah makan Saraswati, kawasan kota Wonogiri, Rabu (26/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Pengelola kios pupuk lengkap (KPL) di Kabupaten Wonogiri meminta proses penebusan dan pelaporan administrasi penyaluran pupuk bersubsidi disederhanakan.

Permohonan itu disampaikan pada acara penandatanganan surat perjanjian jual beli (SPJB) 2022 oleh distributor dan 177 KPL menyangkut distribusi pupuk bersubsidi produksi PT Petrokimia Gresik. Kegiatan digelar di aula rumah makan Saraswati, kawasan kota Wonogiri, Rabu (26/1/2022).

Promosi5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

Sebagai informasi, KPL merupakan pengecer resmi atau tempat penebusan pupuk bersubsudi.

Baca Juga: Warga Karanganyar Edarkan Pupuk Palsu di Wonogiri, Langsung Dicokok Polisi

Pengelola KPL dari Kecamatan Puhpelem, Sukidi, menyebut proses penebusan menggunakan kartu tani dan pelaporan administrasi penyaluran pupuk bersubsidi rumit. Menurut dia, petani masih belum familiar dengan kartu tani.

Tak sedikit kartu tani milik petani yang hilang. Mereka memilih menebus secara manual. Jika masih tersimpan pun kartu tani yang juga berfungsi sebagai kartu anjungan tunai mandiri (ATM) itu terblokir.

Hal itu diketahui saat petani akan menggunakannya. Petani harus mengurusnya terlebih dahulu untuk membuka blokir. Kondisi tersebut menganggu proses penebusan.

Baca Juga: Kompleks, Masalah Pupuk Bersubsidi di Wonogiri Belum Terurai

“Pelaporannya juga masih rumit. Kalau kartu tani sudah digesek berarti kan administrasi sudah tercatat secara otomatis karena online. Tapi, kenyataannya pelaporan masih memerlukan print out [struk]. Tahun ini KPL masih harus menggunakan Logbook,” ucap Sukidi.

Belum lagi, lanjut dia, KPL masih harus mengurus penebusan manual bagi petani yang menebus tanpa kartu tani. Proses itu memerlukan banyak lampiran, rekapan, dan sebagainya. Petani pun wajib menyerahkan foto kopi KTP petani penebus. Petani di desa sulit mengakses tempat foto kopi karena jarak dari rumah jauh.

“Ada yang mau menebus pupuk bersubsidi 4 kg saja, tapi petani harus berjalan berkilo-kilo [kilometer atau km] agar bisa memfoto kopi KTP. Betapa sulitnya itu. Oleh karen itu, saya memohon agar administrasi penebusan dan pelaporan distribusi pupuk bersubsidi disederhanakan,” imbuh Sukidi.

Baca Juga: Kepala Dispertan Beri Penjelasan soal Sinyal Pupuk Langka di Wonogiri

 

Regulasi

Sementara itu, anggota staf Perwakilan Daerah Penjualan Soloraya PT Petrokimia Gresik, Kurniawan Adi Candra, menjelaskan Logbook digunakan justru untuk menyederhanakan pelaporan penebusan pupuk bersubsidi. Data yang diinput berasal dari Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia (SIMPI).

Terkait pelaporan yang masih menggunakan struk, Kurniawan menerangkan, hal itu harus dilakukan KPL karena regulasi yang mengatur ihwal penyaluran pupuk bersubsidi masih menggunakan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 15/2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian. Sampai sekarang belum ada pembaruan regulasi.

“Oleh karena itu, BPK [Badan Pemeriksa Keuangan] saat memeriksa laporan menggunakan dasar aturan tersebut. Jadi, struk itu masih diperlukan. Usulan ini tetap akan saya sampaikan kepada manajemen,” ujar Kurniawan.

Baca Juga: 2021 Diprediksi Penggunaan Kartu Tani di Wonogiri Meningkat

Pada acara itu Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Wonogiri, Sunardi, meminta para pengelola KPL menjual pupuk bersubsidi sesuai harga eceran tertinggi (HET). Dia juga meminta pengelola KPL tidak menerima pupuk nonsubsidi yang tak terdaftar resmi.

Pengelola KPL bisa menghadapi masalah yang pelik jika tersandung kasus karena menjual pupuk nonsubsidi ilegal.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Begini Suasana Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Wonogiri

Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri diterjunkan ke sejumlah gereja selama ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).