SOLOPOS.COM - Warga menunjukan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) saat peluncuran kartu tersebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Pos Besar, Jakarta, Senin (3/11/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Fanny Octavianus)

Kartu sakti Jokowi diberikan kepada anak-anak di Pantu Asuhan dan penghuni Panti Lansia.

Solopos.com, JAKARTA – Pengelola panti asuhan diminta mendaftarkan anak asuhnya guna mendapatkan “kartu sakti”.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yang punya panti asuhan atau panti lansia pastikan mereka mendaftarkan yang lansia untuk mendapat KKS [Kartu Keluarga Sejahtera] dan KIS [Kartu Indonesia Sehat], kalau anak panti pastikan mereka akan mendapatkan KIP [Kartu Indonesia Pintar] dan KIS,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Mensos seusai membuka rapat kerja nasional IV Badan Kontak Majelis Taklim dan kongres da’i-da’iyah III BKMT tahun 2015 mengatakan pemilik majelis taklim hampir semua punya panti asuhan.

“Anak-anak di panti asuhan sebagian besar pernah tahu atau pernah mendengar tentang Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), tapi tidak tahu kemana mereka harus mendaftarkan,” kata dia.

Mensos menjelaskan data di Kementerian Sosial untuk anak-anak panti dan penyandang masalah kesejahteraan sosial yang jatahnya 1,7 juta baru terisi 530.000.

“Karena saya mengajak kepada pengasuh pengelola pemilik panti asuhan untuk bisa mendaftarkan anak asuhnya agar mereka mendapatkan KIS dan KIP, yang mengelola panti lansia maka saya mengajak mereka segera mendaftarkan warga binaan di panti lansia untuk mendapatkan KKS dan KIS,” kata dia menegaskan.

Mensos berharap pada Juni mendatang KIP bisa cair semua.

“Asumsinya adalah kalau minggu keempat Juni ini bisa dimaksimalkan betul-betul untuk kebutuhan sekolah, karena Juli anak-anak masuk sekolah dan juga bersamaan dengan Lebaran. Jangan sampai anggaran KIP yang dicairkan kemudian dipakai kebutuhan lebaran,” jelas Mensos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya