SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kartu Identitas Anak (KIA). (JIBI/Solopos/Antara/Budiyanto)

Kartu identitas anak berfungsi  sebagai identitas anak.

Solopos.com, SOLO – Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Dispendukcapil) Solo berencana mengubah skema pemberian diskon kepada anak pemegang Kartu Identitas Anak (KIA) yang memanfaatkan layanan di 57 mitra pengusaha.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

KIA diarahkan bisa dimanfaatkan juga sebagai kartu ATM sehingga setiap anak yang memegang kartu tersebut otomatis akan mempunyai rekening tabungan.

Kepala Dispendukcapil Solo, Suwarta, mengatakan berdasarkan arahan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo, pemberian diskon kepada anak pemegang KIA lebih baik dilakukan dengan transfer ke rekening anak langsung.

Artinya, kata dia, orang tua anak tetap harus membayar uang dengan nilai sesuai harga atau tarif yang ditetapkan oleh mitra pengusaha saat melakukan transaksi dengan membawa KIA. Diskon yang diperoleh rencananya langsung ditransfer ke rekening anak yang baru bisa diambil setelah anak berusia 17 tahun.

“Kami sedang berupaya membuat diskon yang diterima pemegang KIA tidak diberikan dalam bentuk tunai kepada orang tua, tapi dikembalikan dalam bentuk transfer ke rekening anak. Uang diskon yang terkumpul dalam rekening kemudian baru diambil saat sang anak sudah 17 tahun,” kata Suwarta saat diwawancarai , Jumat (24/11/2017).

Suwarta menjelaskan tujuan Pemeritah Kota (Pemkot) Solo mengubah skema pemberian diskon tersebut, yakni agar para orang tua menyiapkan tabungan untuk anak.

Dia mengarahkan agar para orang tua memanfaatkan uang diskon yang dikumpulkan tersebut untuk mencukupi kebutuhan anak yang lebih prioritas, seperti mendaftar perguruan tinggi atau bisa juga dijadikan sebagai modal usaha.

Pemkot khawatir jika diskon diberikan langsung saat melakukan transaksi dengan mitra pengusaha, para orang tua tidak punya tabungan. Diskon tersebut akhirnya juga tidak dirasakan penuh oleh sang anak.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan OJK dan pihak perbankan untuk menyiapkan inovasi pelayanan ini. Kami juga berkomunikasi dengan mitra pengusaha. Kami menanyakan kepada mereka kebanyakan masyarakat ini mengunakan bank apa? Intinya kami dalam tahap persiapan untuk mengubah skema pemberian diskon kepada anak pemegang KIA,” jelas Suwarta.

Suwarta menjelaskan bentuk KIA otomatis akan diubah seiring dengan rencana Pemkot mengubah skema pemberian diskon kepada anak pemegang KIA. Dispendukcapil berencana mengubah bentuk KIA dengan kartu yang memiliki fungsi juga sebagai kartu ATM.

Namun, kata dia, anak tidak akan diberikan akses untuk melakukan transaksi seperti mengambil uang maupun transfer ke rekening lain dengan menggunakan kartu tersebut sebelum berusia 17 tahun. KIA dalam format kartu ATM sementara hanya bisa dipakai untuk mengecek saldo rekening masing-masing.

“Kami menargetkan pada akhir tahun 2017 ini skema pemberikan diskon kepada anak pemegang KIA ini bisa diubah degan cara transfer. Dari sisi kepemilikan kartu juga kami kejar. Kini sudah ada 90.000 lebih anak di Solo mengantongi KIA. Masih ada sekitar 66.000 anak lagi yang belum mempunyai KIA. Kami kejar 100% anak memiliki KIA pada 2018 mendatang,” jelas Suwarta.

Kabid Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Solo, Ing Ramto, mengatakan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh anak-anak Solo jika mengantongi KIA. KIA bisa dimanfaatkan sebagai identitas diri bagi anak untuk membuka tabungan di bank, mencegah terjadinya perdagangan anak, mengakses BKMKS, dan termasuk mendapatkan diskon dari 57 mitra pengusaha.

“Keberadaan Kartu Identitas Anak ini menjadi bagian dari sejarah bangsa yang lahir dari Kota Solo. Diawali pada 2009 lalu oleh Pemerintah Kota Solo yang menerbitkan Kartu Insentif Anak. Dengan KIA ini, anak-anak bukan sekadar mendapatkan kartu identitas, tapi lebih dari itu. KIA bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Anak-anak bisa mendapat keringanan biaya dari banyak stakeholder dengan besaran yang beragam sesuai isi kerja sama,” kata Ing Ramto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya