SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Paguyuban Wehrkreis Daerah Perlawanan III Jogja akan menggelar Karnaval Kejuangan pada Minggu (24/6). Wehrkreis akan berkolaborasi dengan Forum Yogyakarta Untuk Kebhinekaan untuk memperingati peristiwa Jogja Kembali.

Ketua Wehrkreis III Jogja Sujono mengatakan, kegiatan karnaval kejuangan merupakan bagian dari Aksi Budaya Yogyakarta untuk Kebhinekaan bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Menurut dia, kegiatan tersebut akan diikuti oleh sekitar 3.000 peserta dari seluruh kecamatan di Kota Jogja. Meliputi, kelompok seniman, kompi SAR, persatuan pedagang, kelompok pemuda, serta komunitas masyarakat lainnya.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Rute yang akan ditempuh dalam Karnaval Kejuangan nanti adalah dari Taman Parkir Abu Bakar Ali menyusuri Jalan Malioboro dan finish di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Rencananya, juga akan ada orasi dari Gubernur DIY,” jelas Sujono di BalaiKotaJogja, Kamis (21/6).

Selain karnaval budaya, katanya, kegiatan lain yang akan digelar untuk memperingati 63 tahun peristiwa Yogya Kembali tersebut adalah kunjungan ke tempat bersejarah, upacara peringatan dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara pada Jumat (29/6).

Tempat bersejarah yang akan dikunjungi adalah Pendapa Cagar Budaya Monumen Patung Kuda Gamel dan Monumen Prasasti Serut yang ada di Kecamatan Prambanan. “Tahun sebelumnya, kami sudah melakukan kunjungan ke Monumen Radio AURI di Playen dan ke Monumen Angkatan Udara Ngotho. Jadi, perlu diingat bahwa kami tidak pernah melupakan monumen-menumen bersejarah itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya