SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Sebanyak 35 komunitas akan mengikuti Karnaval Budaya Mubeng Puro, Minggu (24/6) sore nanti. Kegiatan tersebut, merupakan puncak peringatan Dwi Abad Kadipaten Pakualaman.

Anggota panitia acara, Widihasto mengatakan, terdapat 35 kontingen dengan 1.775 peserta yang akan mengikuti karnaval budaya tersebut.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Selain 35 kontingen dari berbagai komonitas, nanti akan diarak hampir 40 tumpeng. Semua tumpeng nantinya akan dinikmati bersama-sama oleh semua peserta karnaval budaya,” ungkap Widihasto saat dihubungi Harian Jogja, Minggu (24/6).

Selain bregodo Plangkir dan bregodo Lombok Abang dari Kadipaten Pakualaman, sejumlah kontingen yang akan meramaikan karnaval meliputi barisan Paskibraka pelajar DIY, para abdi dalem, bregodo kampung, group kesenian tradisional, komunitas sepeda onthel, kontingen perwakilan kota dan kabupaten se DIY. Bahkan, kontingen satwa Kebun Binatang Gembira Loka seperti gajah turut meramaikan acara itu.

Kirab budaya tersebut akan dimulai pukul 15.00 WIB, dari Alun-Alun Sewandanan, Jalan Sultan Agung, Jalan Purwanggan hingga kembali ke Alun-Alun Sewandanan lagi.

Karnaval budaya akan dilepas oleh KGPAA. Pakualam IX, kerabat Kraton Ngayogyakarta GBPH H. Prabukusumo dan Walikota Jogja Haryadi Suyuti.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya