SOLOPOS.COM - Philipp Lahm (JIBI/Reuters)

Harianjogja.com, BERLIN—Pengunduran diri Kapten Timnas Jerman, Philipp Lahm, 30, dari tim nasional mengejutkan sejumlah tokoh sepak bola. Apa kata mereka? Berikut pendapat mereka tentang Lahm seperti dikutip Bild, Jumat (18/7/2014).

Jürgen Klopp, 47, pelatih Borussia Dortmund
Philipp Lahm adalah salah satu pemain yang saya hormati! Tidak hanya jumlah pertandingan internasional yang mengesankan, tetapi juga jumlah pertandingan internasional yang luar biasa, ini luar biasa. Dia memainkan  Piala Dunia dengan  baik. Dia adalah Kapten besar. Saya hanya bisa mengangkat Topi untuk Lahm, seorang pemain hebat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Thomas Müller,24, pemain Timnas Jerman, Bayern Munchen
Persahabatan memang tidak tergantung pada apakah dia bermain di tim nasional atau tidak. Semua pemain timnas akan pergi, namun pemain hebat akan selalu dikenang.

Rudi Völler,54, mantan pelatih Timnas Jerman
Philipp Lahm adalah jenis pemain yang masih akan diharapkan di Piala  Dunia berikutnya. Saya merasa terhormat memberi kesempatan Lahm pada 2004 untuk  melakoni debut perdana di Timnas Jerman.

Sepp Blatter, 78, Presiden FIFA
Philipp Lahm adalah model dari seorang pemain dengan karier yang cemerlang dan akan tetap berlanjut setelah pengunduran dirinya.

Uwe Seeler,77, Legenda Timnas Jerman dan Hamburg SV
Ini adalah kejutan bagi saya, dan mungkin bagi semua. Untuk tim Jerman yang pasti menjadi  kerugian besar. Terima kasih Tuhan kami memiliki banyak orang-orang muda yang baik di Jerman, yang baru saja ditampilkan Piala Dunia Brasil.

Matthias Sammer, 46, Direktur olahraga Bayern Munchen
Ini adalah berita yang sangat mengejutkan untuk tim nasional dan fans Jerman. Tapi ini adalah keputusan yang hanya bisa dirasakan Philipp.

Hasan Salihamidzic, 37, mantan pemain Bayern Munchen
Saya benar-benar kagum. Saya tidak berpikir bahwa itu berhenti. Mungkin dia ingin menghabiskan sedikit lebih banyak waktu dengan keluarga atau berhenti di puncak.

Harald Strutz, 63, Wakil Presiden DFB
Dia adalah Kapten besar. Keputusan profesional yang membuatnya memilih untuk berhenti saat prestasi klimaks. Dia merasa tidak dapat mencapai  gelar kebahagian selain juara dunia. (JIBI/Bild)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Shin Tae-yong & Hwang Sun-hong, 2 Sahabat yang Saling Tikam di Piala Asia U-23

Shin Tae-yong & Hwang Sun-hong, 2 Sahabat yang Saling Tikam di Piala Asia U-23
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Rabu, 24 April 2024 - 18:17 WIB
share
SOLOPOS.COM - Shin Tae-yong (IG @shintaeyong7777)

Solopos.com, DOHA — Pertandingan Timnas U-23 Indonesia versus Korea Selatan pada Jumat (26/4/2024) dini hari bakal menjadi perjumpaan dua sahabat yang akan saling tikam.

Mereka adalah Shin Tae-yong di kubu Garuda Muda dan Hwang Sun-hong sebagai pembesut Timnas Korsel U-23.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Semasa menjadi pemain di tahun 1990-an, Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong, sama-sama anggota skuad Timnas Korea Selatan.

Setelah menjadi pelatih, keduanya sudah 12 kali bertemu sebagai lawan di level melatih klub.

Koran Solopos
shin tae-yong lebih sering kalah dari Hwang Sun-hong

Pelatih Korsel U-23 Hwang Sun-hong (Istimewa)

Hasilnya, Hwang Sun-hong unggul dengan lima kali kemenangan sedangkan Shin Tae-yong baru dua kali, lima laga sisanya imbang.

Namun keunggulan Hwang Sun-hong ini hanya di level klub. Keduanya belum pernah bertemu ketika sama-sama melatih tim nasional.

Karenanya, pertemuan Garuda Muda versus Korsel di babak perempatfinal Piala Asia U-23 itu menjadi yang pertama bagi keduanya di level tim nasional.

Potensi pertarungan Timnas dua negara itu ternyata pernah diobrolkan oleh Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong, belum lama ini.

Dilansir Solopos.com dari Korea Times, pelatih Korsel U-23, Hwang Sun-hong menyebut dirinya sudah berbincang dengan Shin Tae-yong jelang laga Korsel vs Jepang di Grup B Piala Asia, Senin lalu.

Emagazine Solopos

“Kami sempat berbincang sebelum pertandingan kontra Jepang. Kami membahas soal potensi pertemuan satu sama lain di perempatfinal, itu akhirnya jadi kenyataan,” katanya.

Pertemuan dua negara ini terjadi setelah Indonesia menjadi runner up Grup A di bawah tuan rumah Qatar.

Sementara Timnas Korea Selatan U-23 memimpin Grup B seusai menundukkan Jepang 1-0 di laga terakhir meski dengan skuad lapis kedua.

Hwang Sun-hong mengakui meski baru debut Timnas U-23 Indonesia susah dikalahkan, mengacu pada laga kontra Australia dan Yordania beberapa hari lalu.

Shin Tae-yong, menurut dia, membentuk Timnas Indonesia menjadi skuad yang luar biasa.

“Saya terkejut melihat Shin membangun tim yang sangat bagus. Mereka bermain sangat baik, kami harus bersiap tampil lebih baik untuk bisa mengalahkan mereka,” katanya.

Sementara itu, Shin Tae-yong menargetkan bisa lolos hingga ke babak empat besar untuk meraih satu tiket Olimpiade Paris 2024.

Interaktif Solopos

Menghadapi Korsel U-23 yang merupakan tim dari negaranya, Shin Tae-yong memastikan bakal bertindak profesional.

Ia mengatakan pelatih Korsel U-23 Hwang Sun Hong akan dibuat pusing oleh permainan anak asuhnya.

“Saya memastikan pelatih Hwang Sun Hong akan stres,” kata Shin Tae-yong kepada media Korsel, Chuson, seperti dikutip Solopos.com, Selasa (23/4/2024).

Pertarungan hidup mati Indonesia vs Korsel di babak perempatfinal Piala Asia U-23 2024 digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (26/4) pukul 00.30 WIB.

Stadion tersebut menyimpan memori indah bagi Indonesia. Sudah tiga kali Merah Putih mendapatkan keberuntungan di stadion yang terletak di Doha, Qatar dengan kapasitas 12.000 penonton tersebut.

Keberuntungan pertama didapatkan Indonesia saat memulangkan Vietnam 1-0 pada turnamen Piala Asia bulan Januari 2024.

Dua keberuntungan berikutnya terjadi di Piala Asia U-23 saat menundukkan Australia 1-0 dan membantai Yordania 4-1.



Jutaan pecinta sepak bola Tanah Air stadion tersebut kembali memberikan keberuntungan saat Garuda Muda melawan raksasa Asia, Korea Selatan pada Jumat mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Presiden Jokowi bakal Berikan Penghargaan Satyalancana ke Gibran & Bobby

Presiden Jokowi bakal Berikan Penghargaan Satyalancana ke Gibran & Bobby
author
Chelin Indra Sushmita Rabu, 24 April 2024 - 17:51 WIB
share
SOLOPOS.COM - Menantu dan putra sulung Presiden Jokowi, Bobby Nasution (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan), saat berada di Kantor Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Senin (28/3/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo direncanakan memberikan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja kepada kepala daerah yang berprestasi.

Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution menjadi kandidat yang akan menerima penghargaan Satyalancana ini. Adapun penghargaan tersebut diberikan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) 2024, Kamis (25/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Insyaallah nanti Pak Presiden juga hadir untuk memberikan lencana. Lencana ini diberikan kepada wali kota, bupati, dan gubernur yang akan diberikan sekali seumur hidup atas prestasi yang pernah dilakukan untuk wilayahnya masing-masing,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Selasa (23/4/2024), dikutip dari situs surabaya.go.id.

Wali Kota Eri menjelaskan, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas prestasi yang dilakukan.

Koran Solopos

Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021.

“Kalau yang (EPPD) tahun 2023, itu diberikan piagam. Tapi yang (EPPD) di tahun 2021 sudah mendapatkan piagam, akan diberikan lencana (Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha) tadi,” lanjutnya.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu juga mengungkapkan, ada 15 kepala daerah yang akan menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Dengan perincian, dua gubernur, dua wali kota dan tujuh bupati.

Emagazine Solopos

Adapun sejumlah kepala daerah lain juga dijadwalkan menerima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, di antaranya Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024) dan Anna Mu’awanah (Bupati Bojonegoro periode 2018-2023).

Kemudian Ipuk Fiestiandani Azwar Anas (Bupati Banyuwangi periode 2019-sekarang), Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo periode 2021-sekarang) hingga Bobby Nasution (Wali Kota Medan periode 2021-sekarang).
Sebagai informasi, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan atau diberikan dengan Keputusan Presiden RI.

Tanda kehormatan ini diberikan kepada penyelenggara pemerintahan di daerah atas jasa besar atau berprestasi kinerja sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Lencana ini diperuntukkan bagi kepala daerah dan hanya diberikan sekali dalam seumur hidup.

Interaktif Solopos

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi akan Serahkan Satyalancana Karya Bhakti Praja untuk Gibran dan Bobby”



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Damkar Sragen Evakuasi Sapi Limosin Betina yang Tercebur di Dam Colo Timur

Damkar Sragen Evakuasi Sapi Limosin Betina yang Tercebur di Dam Colo Timur
author
Tri Rahayu , 
Kaled Hasby Ashshidiqy Rabu, 24 April 2024 - 17:48 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tim Damkar Satpol PP Sragen bersama warga mengevakuasi sapi betina seberat 2,2 kuintal yang tercebur di aliran Dam Colo Timur Dukuh Kedungwaduk, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen, Rabu (24/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Seekor sapi limosin betina seberat 2,2 kuintal milik warga Dukuh Kedungwaduk, Desa Gebang, Masaran, Sragen, Tercebur ke aliran Dam Colo Timur, Rabu (24/4/2024) pagi. Sapi betina itu diselamatkan oleh tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen. Proses evakuasi butuh waktu 30 menit.

Kabid Damkar Satpol PP Sragen, Tommy Isharyanto, mengungkapkan sapi itu milik Yoto Mulyono Sumardi, 71, warga Dukuh Kedungwaduk RT 002/RW 001. Awalnya, Yoto seperti biasa menggembala sapi untuk mencari rumput di sekitar Dam Colo Timur yang alirannya melintas di Dukuh Kedungwaduk. Menjelang tiba di lokasi, tiba-tiba ada seekor sapi yang berlari tak terkendali dan melintasi tanggul Dam Colo hingga akhirnya terpeleset jatuh ke sungai tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Warga sudah mencoba mengevakuasi tetapi tidak berhasil. Akhirnya warga menghubungi Damkar Sragen untuk meminta bantuan. Tim kami datang ke lokasi dan membantu evakuasi sapi,” kata Tommy.

Koran Solopos

Kasi Pemadam dan Keselamatan Bidang Damkar Satpol PP Sragen, Anton Sujarwo, mengungkapkan setelah menerima laporan, empat anggota Damkar langsung meluncur ke lokasi. Dengan tali, petugas berhasil mengevakuasi sapi yang tercebur di Dam Colo Timur dengan kedalaman 1,5 meter.

“Kendalanya karena kedalaman Dam Colo Timur 1,5 meter dan arus airnya deras. Kami menggunakan tali webbing untuk mengikat tubuh sapi. Tali itu kemudian dikaitkan dengan mesin winch pada truk Damkar. Akhirnya sapi bisa dievakuasi ke permukaan dengan selamat,” jelas Anton.

Dia meminta kepada warga supaya saat menggembala hewan ternaknya seperti sapi diikat agar tidak terjadi insiden serupa . Dia bersyukur sapi selamat meskipun ada luka lecet pada bagian kaki karena gesekan dengan dinding Dam Colo Timur.

Emagazine Solopos

Sementara menurut pengakuan Yoto, bukan kali ini saja ada sapi tercebur ke Dam Colo. Sebelumnya pernah ada, namun sapi bisa menyelamatkan diri. “Kalau tadi kesulitan evakuasi akhirnya minta bantuan Damkar. Terima kasih untuk Tim Damkar yang berhasil mengevakuasi sapi kami,” ujarnya.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories