KARIER PELATIH : Moyes Balik ke Inggris, Tangani Sunderland
David Moyes menjadi pelatih Sunderland. (Reuters / Paul Childs)

Karier pelatih David Moyes yang kini menjadi pelatih Sunderland.

Solopos.com, LONDON — David Moyes kembali menukangi klub Liga Premier. Rasanya baru kemarin Moyes menjadi cibiran fans Liga Premier karena dianggap gagal total ketika ditunjuk sebagai suksesor Sir Alex Ferguson di kursi pelatih panas Manchester United.

Setelah dipecat dari United pada 2014, Moyes tidak lantas menganggur. Dia pernah menukangi klub Liga Primera Spanyol, Real Sociedad. Namun hasilnya, Moyes tetap saja tidak bisa mengangkat klub besutannya, seperti saat mengarsiteki Everton.

Kali ini, Moyes kembali menjajal Liga Premier bersama Sunderland. Kubu The Black Cats, julukan Sunderland, menunjuk pelatih berusia 53 tahun tersebut untuk menduduki kursi jabatan pelatih yang ditinggalkan Sam Allardyce.

Big Sam, sapaan Sam Allardyce, mundur dari jabatan pelatih Sunderland  untuk menakhodai Timnas Inggris. Allardyce resmi ditetapkan sebagai arsitek baru The Three Lions, julukan Timnas Inggris, dengan durasi kontrak selama dua tahun, Jumat (22/7/2016) waktu setempat. Selang sehari kemudian, Sunderland secara resmi mengumumkan Moyes sebagai pengganti Allardyce.

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Sabtu (23/7/2016), Moyes dikontrak Sunderland dalam jangka waktu empat tahun. Chairman Sunderland, Ellis Short, mengaku menjadi penggemar pelatih bernama lengkap David William Moyes tersebut sejak lama. Bahkan Short menganggap Moyes sebagai perekrutan terbaik dalam lima episode terakhir di barisan pelatih The Black Cats.

“Kami benar-benar senang menyambut David Moyes ke Sunderland, yang sejauh ini dan sejak lama menjadi pilihan pertama kami. Dia orang yang mampu bicara mengenai silsilah sepak bola dan seseorang yang sudah lama saya kagumi. Saya bicara dengannya dalam beberapa kali kesempatan dan saya selalu sangat terkesan. Dia manajer nomor satu yang menjadi target kami dalam lima kali perekrutan,” jelas Short.

Gayung bersambut, Moyes menerima dengan tangan terbuka pinangan dari Sunderland.  “Saya senang bisa bergabung dengan Sunderland. Saya tertantang dan sangat bersemangat dengan kesempatan ini,” ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Moyes akan melakoni laga kompetitif  perdananya bersama Sunderland dengan kembali ke Manchester. Bukan melawan United, melainkan Manchester City pada partai pembuka Liga Premier 2016/2017, 13 Agustus mendatang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom