SOLOPOS.COM - Louis van Gaal Pensiun Akhir Musim 2017 (Reuters / Carl Recine)

Karier pelatih Louis van Gaal yang dinilai gagal mendampingi The Red Devils.

Solopos.com, MANCHESTER – Loius  van Gaal dinilai sebagai pelatih Manchester United terburuk sejak 35 tahun terakhir. Kegagalan meloloskan MU ke 16 besar Liga Champions dan kekalahan dari Midtjylland menjadi merupakan penyebab utama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (19/2/2016), Louis van Gaal dicap sebagai pelatih terburuk setelah kekalahannya pada babak 32 besar leg pertama Liga Europa ketika MU melawan Midtjylland yang berakhir dengan skor 2-1 di MCH Arena, kandang Midtjylland, Jumat.

Pelatih asal Belanda itu hanya memiliki presentase kemenangan 49,4%, lebih buruk dari mantan pelatih MU David Moyes dan Ron Atkinson. Van Gaal menang kurang dari setengah pertandingan dari total 83 pertandingan yang sudah dijalaninya.

Padahal dia sudah menghabiskan lebih dari 300 juta poundsterling atau Rp5,9 triliun sejak menjabat sebagai pelatih MU pada juni 2014 silam. Sejauh ini Van Gaal hanya menang 41 kali, imbang 22 kali dan kalah dalam 20 pertandingan selama satu setengah musim. Van Gaal hanya dapat mengantarkan Manchester United berada di posisi keempat musim lalu.

Van Gaal masih kalah apabila dibandingkan David Moyes yang meraih 27 kemenangan, sembilan hasil imbang dan kalah 15 kali kalah dari total 51 pertandingan dengan presentase 52,94%. Sedangkan Ryan Giggs yang dapat kesempatan sebentar untuk melatih MU menang dua kali, imbang satu kali dan kalah sekali dalam pertandingan dengan presentase 50%.

Belum ada yang dapat mengalahkan kepemimpinan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun melatih MU dengan presentase 59,67%. Dia mendapatkan julukan sebagai pelatih terbaik MU dengan jumlah 895 kemenangan, imbang 338, dan kalah 267 dari 1500 pertandingan.

Selama 26 tahun melatih Manchester United, Ferguson telah mempersembahkan 38 trofi, dengan meraih 13 kali juara Liga Inggris, dua trofi Liga Champion, lima FA Cup dan beberapa trofi bergengsi lainnya.

Pelatih legendaris MU, Sir Matt Busby juga memenangi lebih dari setengah pertandingan dengan presentase 50,5%. Sementara Ron Atkinson yang memimpin MU pada awal 1980-an juga menang setengah pertandingan dari total 292 pertandingan selama lima tahun dengan presentase 50%.

Tommy Docherty, Dave Sexton, Frank O’Farrell dan Wilf McGuinness yang mendampingi MU sekitar tahun 1969 dan 1981 lebih buruk dari Van Gaal. Sedangkan Docherty bernasib sedikit lebih bagus dengan presentase kemenangan 46,05%. (Claudia Noventa/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya