SOLOPOS.COM - Juergen Klinsmann didampingi kapten Amerika Serikat, Clint Dempsey. (JIBI/Dailymail)

Karier pelatih Jurgen Klinsman yang dikabarkan bakal menangani Timnas Inggris.

Solopos.com, LONDON – Bos Tim Nasional (Timnas) Amerika Serikat (AS), Jurgen Klinsmann, dikabarkan telah bertemu dengan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk membahas tawaran mengisi kursi manajer skuat Inggris.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Inggris gencar berburu manajer baru setelah Roy Hodgson mundur karena timnya disingkirkan Islandia di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Beberapa nama pelatih telah disebut-sebut sebagai kandidat suksesor Hodgson, termasuk Klinsmann yang mendadak masuk radar pasukan Tiga Singa, julukan Inggris.

Rumor tawar menawar jabatan manajer Inggris antara Klinsmann dengan FA disebarkan oleh General Manager Timnas Jerman, Oliver Bierhoff. Mengaku sebagai teman dekat Klinsmann, Bierhoff mengatakan mantan pelatih Jerman itu telah berbicara dengan FA di sela-sela kunjungannya ke Inggris.

Klinsmann adalah sosok yang berjasa dalam membangun fondasi skuat yang berjaya di Piala Dunia 2014. Dia menukangi Der Panzer, julukan Jerman selama dua tahun, mulai dari 2004 hingga 2006. Pelatih berusia 51 tahun itu sempat membesut tim raksasa Eropa, Bayern Munich, antara 2008 hingga 2009, sebelum hijrah ke Amerika pada 2011.

Dia juga mengantarkan AS ke semifinal Copa America Centenario 2016. Dengan pengalaman itu, Bierhoff yakin Klinsmann akan menjadi pilihan tepat untuk memimpin skuat Tiga Singa.

“Ini tidak seperti meletakan tangan di pundak dan segalanya terjadi. Banyak hal harus datang bersamaan. Saat kami gagal di Euro 2000, kami banyak berinvestasi di infrastruktur dan pendidikan pemain serta pelatih muda, jadi sekarang kami memiliki banyak pemain berbakat,” ujar Bierhoff, seperti dilansir Soccerway, Sabtu (9/7/2016).

“Meski sebuah keuntungan dengan pemain bagus pergi ke Inggris dan negara lain sehingga klub kami harus memnawa pemain lain. Namun sejak kedatangan Klinsmann, yang saya pikir sedang berdiskusi [soal karier manajer] dengan Inggris, kami juga memberi tim nasional kebanggaan pasti, atmosfer, dan organisasi,” imbuh dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Transaksi SPKLU Naik, PLN Beri Kenyamanan Pemudik EV Selama Momen Lebaran 2024

Transaksi SPKLU Naik, PLN Beri Kenyamanan Pemudik EV Selama Momen Lebaran 2024
author
 , 
Rohmah Ermawati Rabu, 24 April 2024 - 11:01 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pada Lebaran 2024, PLN menyiagakan 110 unit SPKLU pada 64 titik lokasi, serta SPLU sebanyak 465 unit pada 92 titik lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Jateng DIY. (Istimewa/PLN)

Solopos.com, SEMARANG–PT PLN (Persero) memperoleh kenaikan jumlah transaksi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) selama arus mudik dan arus balik Idulfitri 1445 H.

Tercatat, sebanyak 1.669 kali transaksi pada 64 titik lokasi SPKLU, dengan transaksi harian tertinggi sejumlah 145 kali pada tanggal 12 April 2024 (puncak arus balik). Kenaikan jumlah transaksi ini didasarkan pada data transaksi SPKLU periode 1-19 maret 2024 (masa arus mudik dan arus balik).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika dibandingkan periode yang sama pada bulan sebelumnya jumlah ini mengalami kenaikan hingga dua kali lipat.

Pada Lebaran lalu, PLN menyiagakan 110 unit SPKLU pada 64 titik lokasi, serta SPLU sebanyak 465 unit pada 92 titik lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Jateng DIY. Jumlah SPKLU itu mengalami penambahan sangat signifikan dibandingkan Lebaran tahun 2023, di mana terdapat 24 unit SPKLU di wilayah Jateng DIY.

Koran Solopos

Dari jumlah tersebut, seluruh rest area di jalur Tol Trans-Jawa di wilayah Jateng DIY telah tercover mesin SPKLU. Selain itu juga terdapat dua unit SPKLU Mobile terintegrasi dengan layanan hotline tol, yang siap mendatangi pengguna EV yang kehabisan daya sebelum sempat mencapai rest area yang dituju.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi, menyampaikan penambahan jumlah transaksi SPKLU ini telah PLN mitigasi sebelumnya.

“Momentum Idulfitri 1445 H kali ini pemudik yang menggunakan kendaraan listrik bertambah banyak, di mana Electric Vehicle (EV) lifestyle telah menjamur terutama di Ibu Kota. Jumlah pemudik yang menggunakan EV juga pastinya meningkat sehingga secara bertahap sejak Lebaran tahun kemarin kami menambah 74 unit SPKLU,” ujar Soffin dalam keterangan resmi yang dikutip, Rabu (24/4/2024).

Emagazine Solopos

Ia menambahkan PLN menyiapkan ekosistem kendaraan listrik yang bertujuan memberikan kenyamanan bagi pengguna EV terutama jika bepergian jarak jauh seperti saat mudik kali ini.

“Mudik kali ini ada 110 Unit SPKLU di wilayah Jateng DIY, dan secara nasional terdapat 1.299 unit SPKLU baik di jalur tol maupun non-tol. Pengguna EV pun dipermudah dengan penggunaan PLN Mobile, di mana pengguna EV dapat mengakses titik lokasi SPKLU terdekat dengan menu “Electric Vehicle” pada aplikasi PLN Mobile, atau langsung mengakses aplikasi Charge.IN,” jelasnya.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jakarta Elektrik PLN, Ratu Proliga yang Bangun dari Tidur

Jakarta Elektrik PLN, Ratu Proliga yang Bangun dari Tidur
author
Newswire , 
Abu Nadzib Rabu, 24 April 2024 - 11:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sekretaris Perusahaan PLN Alois Wisnuhardana (tengah) didampingi Ketua tim bola voli Jakarta Elektrik PLN Arsyadany G. Akmalaputri (kiri) memberikan potongan tumpeng pertama kepada Pelatih Kepala Jakarta Elektrik PLN Chamnan Dok Mai (kanan) dalam acara Tasyakuran dan Doa Bersama tim Jakarta Elektrik PLN, Sabtu (2/3/2024). (Istimewa/PLN)

Solopos.com, JAKARTA — Sejak berdiri pada tahun 2004 dan mulai mengikuti kompetisi Proliga di tahun yang sama, tim voli putri Jakarta Elektrik PLN sudah merebut enam gelar juara pada ajang turnamen voli profesional Indonesia tersebut.

Memulai musim perdana dengan mulus usai menjadi juara pada tahun 2004, Jakarta Elektrik PLN terus mengukir gelar di tahun 2009, 2011 dan tiga gelar juara dalam tiga tahun berturut-turut tepatnya pada tahun 2015 hingga 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain sudah mencicipi enam gelar juara, Jakarta Elektrik PLN juga tercatat sepuluh kali menembus babak final Proliga.

Mereka empat kali menjadi runner-up yakni pada tahun 2005, 2008, 2010 dan 2012.

Koran Solopos

Jakarta Elektrik PLN kini masih memegang mahkota ratu Proliga dengan menjadi tim tersukses selama bergulir kompetisi yang sudah ada sejak tahun 2002 tersebut.

Memasuki dekade tahun 2020, sang ratu Proliga seperti kehilangan keganasannya menguasai kompetisi.

Capaian tertinggi usai memperoleh gelar juara pada tahun 2017 dari tim dengan seragam khas biru dan kuning tersebut adalah menjadi peringkat ketiga pada tahun 2019.

Bahkan di musim kompetisi 2022 dan 2023, sang ratu gagal menembus babak final four dan menjadi bulan-bulanan sepanjang babak fase grup.

Bangun dari tidur

Menandai dua dekade berdirinya klub, Jakarta Elektrik PLN mengusung semangat pembaharuan dengan mengubah wajah tim mulai dari logo klub hingga perombakan skuad.

Dengan mempertahankan dominasi warna yang tetap kuning dan biru, warna kuning mempunyai filosofi kegembiraan, semangat dan harapan sedangkan warna biru melambangkan kepercayaan keandalan dan stabilitas.

Emagazine Solopos

Jakarta Elektrik PLN juga mempertahankan logo dengan bentuk perisai yang melambangkan perjuangan, pertahanan dan perlindungan, sedangkan lambang petir menggambarkan energi dan kekuatan.

Di tahun ke-20 ini, Jakarta Elektrik PLN akan membangun tim melalui kombinasi antar pemain, pelatih dan manajemen.

Bahkan terjadi perombakan manajemen yang dipersiapkan untuk membawa Jakarta Elektrik PLN kembali bangun di Proliga.

Dengan ditangani oleh tangan dingin pelatih asal Thailand, Chamnan Dokmai yang meramu tim dengan komposisi skuad berpengalaman dengan pemain junior.

“Melihat persiapan pemain yang begitu matang, ditambah hadirnya pemain-pemain berpengalaman dan junior, kami berharap Jakarta Electric PLN bisa menggebrak Proliga 2024. Saat ini, fokus kami adalah lolos empat besar. Kami optimistis bisa mewujudkannya,” kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Pemain-pemain berlabel tim nasional yang kembali ditarik untuk memperkuat peraih gelar enam kali Proliga tersebut seperti Yolla Yuliana, Maya Kurnia Indri, Faiska Dwi Permata Ratri, dan Eris Septia Wulandari.

Menghadapi perjalanan kompetisi yang panjang, Jakarta Elektrik PLN melakukan pemusatan latihan selama dua bulan terakhir.

Interaktif Solopos

Selain itu di musim ini Jakarta Elektrik PLN juga menggaet tim analis untuk mempersiapkan tim setiap pertandingan.

“Jakarta Electric PLN punya sejarah yang bagus, mereka sudah enam kali juara. Saya yakin, musim ini, kami bisa kembali ke final karena kami punya pemain-pemain yang bagus, program latihan yang baik, dan dukungan luar biasa dari manajemen,” kata pelatih Jakarta Elektrik PLN Chamnan Dokmai.

Selain mempunyai pemain-pemain berpengalaman, untuk mengisi slot pemain asing Jakarta Elektrik PLN mempertahankan Katerina Zhidkova yang pada musim lalu bermain gemilang.

Sementara itu untuk mengisi satu slot pemain lagi, Indre Sorokaite didatangkan.

“Saya sudah berada di Indonesia selama kurang lebih empat tahun dan saya sudah memahami bagaimana permainan dari tim-tim di Indonesia ini bermain, jadi saya akan memotivasi agar kelemahan dari setiap pemain ini dapat berkurang,” ujar pelatih asal Thailand tersebut.

Kapten tim Yolla Yuliana mengatakan untuk persiapan di Proliga musim ini, ia menyiapkan strategi khusus untuk membentuk mental dari juniornya agar dapat menanggulangi tekanan selama pertandingan.

“Karena disini kebanyakan pemain muda, aku mencoba membangun mental dari rekan setim ini. Ini merupakan strategi di luar lapangan untuk menjaga mental dan kestabilan tim ketika masuk ke lapangan. Karena ada juga junior itu ketika mempunyai kemampuan bagus namun ketika mentalnya jelek ketika turun di lapangan juga kurang mencapai performa terbaik,” ujar Yolla Yuliana.



Maya Kurnia Indri Sari, yang kembali memperkuat Jakarta Electric PLN pada Proliga 2024, berharap timnya tetap solid hingga akhir.

Mengusung semangat dua dekade, pemain yang berposisi sebagai middle blocker itu optimis Jakarta Electric PLN bisa lebih dari empat besar.

“Semoga sampai akhir kompetisi tidak ada pemain yang cedera, semua sehat, tetap solid dan jadi dream team. Bisa melewati setiap pertandingan dengan hasil terbaik tanpa ada kurang apapun. Saya sih berharap targetnya nanti bukan hanya final four tapi lolos ke grand final,” kata Maya Kurnia Indri.

Jakarta Elektrik PLN ditargetkan untuk menembus babak final four sebelum optimis masuk ke babak final di Proliga.

Mereka akan ditantang oleh tim pendatang baru Jakarta Livin Mandiri pada pekan pertama PLN Mobile Proliga 2024 yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada 26 April mendatang.

Daftar pemain dari Jakarta Elektrik PLN:

– Indre Sorokaite (Opposite)
– Eris Septia Wulandari (Libero)
– Katerina Zhidkova (Opposite)
– Fitriyani Nurjanah (Setter)
– Rissa Meiga Rianti (Middle Blocker)
– Yolla Yuliana (Middle Blocker)
– Wahida Muntaza Arifin (Libero?)??????
– Maya Kurnia Indri (Middle Blocker)
– Tisya Amallya Putri (Setter)
– Juhaidar Yusaini (Outside Hitter)
– Putri Andya Agustina (Middle Blocker)
– Nurlaili Kusumah Diningrat (Outside Hitter)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ketidakcukupan Konsumsi Pangan Klaten Tertinggi di Soloraya, Ini Datanya

Ketidakcukupan Konsumsi Pangan Klaten Tertinggi di Soloraya, Ini Datanya
author
Ika Yuniati Rabu, 24 April 2024 - 10:59 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi aneka bahan pangan. (Deptan.go.id)


Solopos.com, SOLO —
Sepanjang tiga tahun terakhir (2021-2023), Klaten menjadi kabupaten dengan prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangan atau Prevalence of Undernourishment (PoU) tertinggi di Soloraya.

Klaten menyalip Wonogiri yang sejak 2017-2020 lalu prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangannya selalu tertinggi di antara tujuh kabupaten/kota lainnya se-Soloraya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Badan Pusat Statisitk (BPS) menjelaskan, prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangan merupakan estimasi proporsi dari suatu populasi tertentu di mana konsumsi energi sehari-hari dari makanan (pangan) tidak cukup untuk memenuhi tingkat energi yang dibutuhkan untuk hidup normal.

Prevalensi tersebut dinyatakan dalam persentase. Persentase itu menggambarkan banyaknya masyarakat suatu wilayah yang konsumsi pangannya tidak cukup untuk memenuhi energi yang dibutuhkan untuk hidup normal.

Koran Solopos

Berdasarkan data BPS pada 2021, prevalensi kekurangan konsumsi pangan di Klaten sebanyak 14,72 persen dengan total populasi sebanyak 1.267.272 jiwa.

Hal itu berarti sekitar 186.542 warga Klaten masih mengonsumi pangan yang belum bisa memenuhi energi hidup normal.

Kondisi itu berlanjut pada 2022, yakni masih ada 197.118 warga Klaten atau 15,45 persen warga dan pada 2023 masih ada 185.722 warga Klaten yang konsumsi pangannya belum bisa memenuhi energi hidup normal.

Emagazine Solopos

Prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangan di Soloraya menunjukkan koefisien korelasi 0,514 (cukup kuat) terhadap persentase penduduk miskin Soloraya.

Hal itu berarti, semakin banyak persentase masyarakat miskin di kabupaten/kota tersebut, maka kemungkinan besar prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangannya juga tinggi. 

Berdasarkan data pada 2023, berikut ini data total populasi penduduk, prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangan atau PoU, dan total penduduk miskin di kabupaten/kota Soloraya:

Interaktif Solopos

chart by: Solopos Institute



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories