SOLOPOS.COM - Julen Lopetegui (Fourfourtwo)

Karier pelatih Julen Lopetegui resmi menjadi pelatih baru Timnas Spanyol.

Solopos.com, MADRID – Julen Lopetegui resmi ditetapkan sebagai pelatih baru Timnas Spanyol. Pelatih yang dipecat Porto pada Januari 2016 lalu tersebut menggantikan posisi Vicente del Bosque yang mundur setelah Euro 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Federasi Sepak Bola Spanyol [RFEF] telah menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih timnas yang baru,” ujar pernyataan resmi RFEF, Kamis (22/7/2016).

Lopetegui akan dibayang-bayangi kesuksesan pendahulunya di kursi pelatih Spanyol. Del Bosque pernah membawa tim berjuluk La Furia Roja itu memenangi titel Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Namun, La Furia Roja gagal total dengan terdepak dari babak grup Piala Dunia 2014 dan tersingkir pada babak 16 besar Euro 2016.

Penunjukkan Lopetegui bisa jadi karena kedekatannya dengan RFEF. Mantan kiper Timnas Spanyol itu memang cukup familiar bagi RFEF karena pernah menukangi tim junior La Furia Roja untuk U-19, U-20, dan U-21. Dia mengantar Spanyol menjuarai Kejuaraan Eropa U-19 di tahun 2012 dan Kejuaraan Eropa U-21 setahun kemudian.

Pada tahun 2014, Lopetegui meninggalkan RFEF untuk melatih klub asal Portugal, Porto. Di musim pertamanya, Lopetegui mengantar Porto sampai ke perempatfinal Liga Champions sebelum akhirnya dipecat pada Januari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya