SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karier pelatih Josep Guardiola yang akan menangani Manchester City.

Solopos.com, MANCHESTER — Josep “Pep” Guardiola memang akan melakoni musim perdananya dalam tiga tahun kontrak sebagai pelatih Manchester City. Namun, mantan manajer Barcelona dan Bayern Munchen tersebut sudah dilaporkan membuka peluang untuk memperpanjang rezimnya di klub yang bermarkas di Stadion Etihad tersebut.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Guardiola menanandatangani kontrak bersama City hingga tiga tahun ke depan. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, pelatih berusia 45 tahun tersebut tidak suka memperpanjang kontrak yang sudah ditandatanganinya.  Hal itu bisa dilihat dari kiprah Guardiola bersama Bayern Munchen.

Bersama Die Roten, julukan Bayern, Guardiola enggan memperpanjang kontrak selama tiga tahun yang berakhir pada 2015/2016 kemarin. Mantan kapten Barcelona itu pun memilih mencari tantangan baru dengan menangani  baru di Liga Premier bersama City.

Namun, seperti dilansir Manchestereveningnews.co.uk, Kamis (14/7/2016), pelatih asal Catalan tersebut mengatakan tiga tahun kontrak bersama City bukan menjadi masa akhirnya sebagai manajer. Dan Guardiola bisa saja akan melanjutkan karier manajerialnya itu dengan tetap berada di Etihad. Etihad pun bisa menjadi pelabuhan paling lama bagi Guardiola ketimbang ketimbang menukangi Barcelona (empat tahun) dan Bayern Munich (tiga tahun).

Bisa dipahami kenapa Guardiola bakal tertarik memperpanjang masa tinggal, meski kontraknya akan berakhir pada 2019. Pasalnya, Liga Premier bisa menjadi panggung yang lebih menantang baginya karena memiliki persaingan lebih kompetitif.

Berbeda dengan Liga Primera atau Bundesliga yang monoton dan hanya ada dua hingga empat tim yang mampu bersaing di tangga juara. Di musim pertamanya menukangi City, ia bahkan sudah harus bersaing dengan manajer-manajer top dunia di Liga Premier, seperti Jose Mourinho (Manchester United), Antonio Conte (Chelsea), Arsene Wenger (Arsenal), dan Jurgen Klopp (Liverpoo).

“Saat ini. saya berada di tempat paling menarik di bumi sepak bola. Ini akan menjadi pertarungan besar musim depan, di sepanjang Liga Premier, tidak hanya Manchester City dan United. Kami punya banyak harapan. Saya pikir Pep tahu apa yang dia kerjakan dan apa yang dia harus lakukan,” jelas pemain baru City, Ilkay Gundogan, seperti dilansir Theguardian.com.

Direktur Olahraga City dan juga mantan Direktur Olahraga Barcelona, Txiki Begiristain, bisa meyakinkan dan membuat betah Guardiola bertahan lebih lama di Etihad. Selain itu, pemilik City, Sheikh Mansour, telah berjuang empat tahun demi meyakinkan Guardiola berlabuh ke Etihad. So, Sheikh Mansour tentu tidak akan rela melepasnya begitu cepat, apalagi jika pelatih bergelimang trofi tersebut akan memberi kesuksesan baru bagi The Citizens.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya