SOLOPOS.COM - Dirut Pertamina Karen Agustiawan (JIBI/Solopos/Antara/Iksan)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Direktur (Presdir) PT Medco Energi Internasional Tbk, Lukman Mahfoedz, mengaku terkejut mendengar mundurnya Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero). “Saya terkejut mendengarnya,” katanya, Senin (18/8/2014).

Menurutnya, Pertamina banyak memiliki kerjasama dengan Medco. Bahkan, jelasnya, sosok Karen Agustiawan adalah salah satu eksekutif penting yang mendorong percepatan pada proyek-proyek bersama perusahaan energi tersebut.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Sementara itu, mantan Komisaris PT Pertamina (Persero), Maizar Rahman, mengungkapkan mundurnya Dirut Pertamina Karen Agustiawan merupakan langkah yang wajar karena sudah menjabat lebih dari lima tahun. Namun, dia mengatakan bila di era dirinya dulu menjabat, dirut mundur dalam durasi waktu lima tahun.

“Dia sosok pekerja keras. Prestasinya cukup banyak,” kata Maizar Rahman  yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), Senin (18/8/2014).

Prestasi itu, misalnya, ekspansi ke luar negeri. Namun, dia berharap agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor minyak dan gas harus banyak ekspansi. “Itu yang dilakukan BUMN luar negeri, kita harus tiru langkah itu,” katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah diharapkan juga memberikan dukungan. Salah satunya, jangan mengambil keuntungan terlalu banyak dari Pertamina. Pasalnya, yang diperlukan Pertamina pada dasarnya adalah modal kapital.

BUMN itu, jelasnya, akan digunakan untuk mengambil lapangan migas di luar negeri yang bertujuan untuk menjaga ketahanan pasokan. “Kalau kita impor bisa, tapi kalau punya lapangan sendiri kan lebih aman lagi,” ujar Maizar Rahman.

Namun, perihal sosok Dirut Pertamina ke depan, Maizar Rahman mengungkapkan agar sosok tersebut dapat lebih meningkatkan eksplorasi di dalam negeri selain tetap melakukan ekspansi. “Standar lah, inovatif dan good governance,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya