SOLOPOS.COM - Panitia menyiapkan kupon undian Karanganyar Great Sale (KGS) 2021 untuk didistribusikan ke peserta di 17 Kecamatan beberapa waktu lalu.(Istimewa/ Panitia KGS 2021)

Solopos.com, KARANGANYAR — Karanganyar Tourism Great Sale 2021 ditarget mampu mendulang transaksi senilai Rp50 miliar selama periode program, 18 November-18 Desember 2021.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karanganyar, Joko Sutrisno, mengatakan target tersebut cukup realistis untuk program perdana di kabupaten tersebut. “Target transaksi kami Rp50 miliar. Nanti dapat berapa, kita syukuri. Yang jelas ini kan program great sale pertama di Karanganyar,” ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, untuk mengetahui capaian target tersebut, masing-masing koordinator bidang akan melaporkan melalui grup yang mereka bentuk. Bidang itu antara lain mencakup hotel dan penginapan, toko oleh-oleh dan restoran, dan destinasi wisata.

Joko mengatakan, penawaran yang diberikan oleh masing-masing pemilik/pengelola usaha wisata berbeda-beda, mulai diskon hingga bundling.

Baca Juga: Tawarkan Diskon Tinggi, Peserta Karanganyar Great Sale Nyaris 1.000

“Sebagian besar mereka menawarkan diskon, bahkan hotel seperti di tempat kami ada yang menawarkan hingga 50%. Tapi biasanya weekdays [hari kerja Senin-Jumat]. Soalnya kalau weekend [akhir pekan] sudah penuh. Tapi yang bundling juga ada. Misalnya ada tiga destinasi wisata yang dimiliki satu orang, dia memberikan harga bundling kepada pengunjung di tiga tempat wisata itu,” imbuhnya.

Sementara itu, hingga kini sudah ada 90 peserta Karanganyar Tourism Great Sale dari beragam usaha. Mulai dari perhotelan, restoran, destinasi wisata, hingga UMKM. “Pesertanya ada 90-an dari sekitar 200-an usaha wisata potensial yang ada di Karanganyar, ” Imbuh Joko.

Harapannya, semua pemilik/pengelola usaha wisata bisa bergabung dan menyukseskan Karanganyar Tourism Great Sale. Oleh sebab itu, pihaknya masih membuka kesempatan kepada mereka untuk bergabung hingga 3 Desember. Tujuannya tidak lain adalah untuk ikut menggairahkan kembali pariwisata di Karanganyar di masa pandemi Covid-19.

“Tujuan kami dengan Karanganyar Tourism Great Sale ini kan untuk bangkit bersama-sama setelah terimbas pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Baca Juga: Panitia Karanganyar Great Sale 2021 Terkendala Distribusi Kupon

Sementara itu, evaluasi sementara program ini menunjukkan adanya peningkatan transaksi di masing-masing usaha wisata. Demikian pula dengan tingkat okupansi hotel yang sebelumnya 10%, pada masa Karanganyar Tourism Great Sale ini naik menjadi 20%, 30%, 40%, dan seterusnya.

Ia berharap program ini dapat dilanjutkan tahun depan dengan perbaikan-perbaikan. “Karena ini great sale perdana, tentu masih ada kekurangan, seperti belum adanya aplikasi yang memudahkan pengunjung dan pengelola usaha wisata. Nanti semuanya akan kita evaluasi bersama-sama sehingga tahun depan akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya