SOLOPOS.COM - Ilustrasi (penajamkab.go.id)

Ilustrasi (penajamkab.go.id)

KARANGANYAR--Kabupaten Karanganyar menargetkan mempertahankan piala Adipura pada tahun 2013.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, mengatakan pihaknya berkomitmen mempertahankan piala Adipura yang disabet pada 2012 lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya telah membentuk tim yang terdiri dari instansi terkait. Mereka bertugas membersihkan sejumlah titik lokasi yang bakal dinilai oleh tim juri.

“Pekan ini, tim juri bakal menilai seluruh item yang menjadi kriteria penilaian di sejumlah lokasi. Targetnya tetap mempertahankan piala Adipura,” ujarnya kepada Solopos.com, Minggu (17/3/2013).

Selain instansi pemerintah, bank sampah juga digalakkan di sejumlah desa atau kampung. Warga setempat diberdayakan untuk mengolah sampah yang masuk ke bank sampah. Tak hanya itu, sepuluh sekolah mulai dari jenjang SD-SMA juga telah mempunyai bank sampah. Para siswa sekolah yang mengolah bank sampah tersebut

Terdapat empat SKPD di lingkungan Pemkab Karanganyar yang telah mempunyai bank sampah yakni BLH, DKP, DPU dan RSUD Karanganyar. Sampah yang masuk ke bank sampah dipilah sesuai jenisnya yakni organik dan non organik. Selanjutnya, sampah tersebut bakal diolah kembali dan bisa dimanfaatkan.

“Sampah organik diolah menajdi pupuk kompos sementara non organik menjadi bahan utama kerajinan tangan seperti dompet dan sepatu,” terangnya.

Pihaknya optimis dapat mempertahankan penghargaan kategori lingkungan hidup tersebut. Pasalnya, seluruh fasilitas publik maupun ruang Terbuka hijau (RTH) telah dibenahi secara bertahap. Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar, Didik Joko Bakdono bahwa pihaknya optimis dapat mempertahankan piala Adipura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya