Karanganyar Tambah 5 Kasus, Didominasi Kontak Erat Pasien Covid-19
Ilustrasi Covid-19 (Detik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR--Lima penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar pada Kamis (6/8/2020) didominasi kontak erat.

Data yang dihimpun Solopos.com dari akun Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis menjadi 33 kasus. Di sisi lain, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 adalah 142 kasus dan enam orang meninggal dunia.

Apabila dibandingkan dengan Rabu (5/8/2020), terjadi penambahan lima kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka berasal dari Kecamatan Tasikmadu dua orang, Colomadu dua orang, dan Jaten satu orang.

Masuk Sekolah Lagi, Siswa SD di Karanganyar Senang Sekaligus Takut

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono, menuturkan lima orang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah kontak erat.

"Yang positif itu kontak erat yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19 pada pekan lalu. Pasien itu [yang dinyatakan positif Covid-19 pekan lalu] dirawat di RSUD Karanganyar dan RSKI," ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Tetapi, lima orang yang terkonfirmasi positif pada Kamis ini tidak dirawat di rumah sakit. Mereka menjalani isolasi mandiri di rumah. "Ya karena tidak ada gejala makanya isolasi mandiri di rumah," ujarnya. Juliyatmono menegaskan mereka bukan tenaga kesehatan (nakes).

Wow! Pemerintah Gelar Lomba Video HUT ke-75 RI, Hadiah Rp1 Miliar

Di sisi lain, ada tiga orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada Kamis. Mereka adalah nakes. Tiga orang itu berasal dari Kecamatan Jaten dua orang dan Gondangrejo satu orang.

 

Jumlah Bertambah

Masih dari akun Instagram Dinkes Karanganyar, tercatat 126 orang termasuk kategori kontak erat. Menurut Juliyatmono, data itu masih akan berkembang seiring dengan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

"Itu ada yang sudah di-swab test dan ada yang belum. Jadi datanya akan berkembang terus. Swab test bertahap."

Unik, Kampung di Bantul Ini Wajibkan Warga Tanam Pohon Anggur



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom