SOLOPOS.COM - RSU Jati Husada Karanganyar. (Istimewa/blog.rsujatihusada.com)

Solopos.com, KARANGANYAR--Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengusulkan kepada pemerintah pusat agar RSU Jati Husada Karanganyar menjadi rumah sakit khusus Covid-19. Pihak RSU Jati Husada sendiri diklaim sudah menyatakan kesiapannya menjadi RS khusus Covid-19.

"Sudah [manajemen RSU Jati Husada sudah bersurat kepada Bupati Karanganyar]. Dan sudah kami usulkan kepada Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah," ujar Bupati saat berbincang dengan wartawan, Rabu (10/2/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati merespons positif langkah RSU Jati Husada Karanganyar yang menyatakan kesiapan menjadi rumah sakit khusus Covid-19. Konsekuensinya, lanjut Bupati, rumah sakit di jalan raya Solo-Tawangmangu tepatnya di Desa Jati, Kecamatan Jaten, itu tidak bisa menerima pasien umum.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Penyelenggara Hajatan Malam di Mojogedang Karanganyar Akhirnya Diproses Hukum

Tetapi, menjadikan RSU Jati Husada sebagai rumah sakit khusus Covid-19 membutuhkan proses yang tidak cepat. Ada sejumlah persyaratan dan kelengkapan yang haruas dipenuhi. "Persyaratannya kan sarana prasarana mesti dibantu. Sebagai contoh kebutuhan ventilator," ungkapnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, (tengah mengenakan batik menghadap kamera), mengecek RSU Jati Husada Karanganyar pada Selasa (2/2/2021). (Istimewa/Dokumentasi Diskominfo Karanganyar)

Cek RS

Sementara itu, Bupati bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Sundoro, sejak pekan lalu memantau sejumlah RS di Karanganyar. Baik milik pemerintah maupun swasta. Sejauh ini sudah enam RS yang ditinjau. Yakni RSU Jati Husada, RSU Indo Sehat, RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo, RSUD Karanganyar, RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, dan RSU Ja'far Medika.

Kegiatan itu untuk mengetahui kondisi terkini di RS dalam menangani pasien Covid-19. Bupati dan rombongan mengecek kapasitas tempat tidur, penanganan Covid-19, ruang ICU, dan lain-lain. Dalam kesempatan itu, Bupati mengecek pula kesiapan RSU Jati Husada untuk jadi RS khusus Covid-19.

Baca juga" Bukan Kartini Atau Jengglong, Ini Nama RSUD Karanganyar Yang Disiapkan Bupati Yuli

"Ya akhirnya yang siap, layak, dan cukup bagus untuk rumah sakit khusus Covid-19 ya RSU Jati Husada. Dan saya mendapat respons positif dari pihak rumah sakit. Mereka senang dan sudah bersiap," ujarnya.

Sekretaris Dinkes Karanganyar, Purwati, menuturkan Pemkabmenawarkan kepada RS untuk menjadi rumah sakit khusus Covid-19. Mereka dipersilakan mengajukan proposal dan bersurat ke Bupati Karanganyar apabila siap menjadi rumah sakit khusus Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya