Tutup Iklan

Karam Sejak 1936, Bangkai Kapal Van Der Wijck Akhirnya Ditemukan

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menemukan bangkai kapal Van der Wijck yang tenggelam di perairan Lamongan.

 Foto Dok: Kapal Van der Wijck (Soerabaijasch handelsblad, 20-10-1936)

SOLOPOS.COM - Foto Dok: Kapal Van der Wijck (Soerabaijasch handelsblad, 20-10-1936)

Solopos.com, LAMONGAN — Bangkai Kapal Van der Wijck yang karam pada tahun 1936 akhirnya berhasil ditemukan. Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) menemukan penampakan bangkai Kapal Van der Wick di Perairan Lamongan,  Jawa Timur (Jatim) Kamis (14/10/2021).

Bahkan tim BPCB Jatim dikabarkan telah berhasil melakukan dokumentasi bangkai kapal tersebut. Dalam pencarian tahap kedua, eksplorasi terbilang berhasil dengan dibantu dua kapal nelayan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah, mengatakan eksplorasi kali ini berjalan lebih baik daripada kegiatan serupa yang dilakukan pada April lalu.

Baca juga: Ekskavasi Sendang Kuncen, BPCB Jatim: Tak Ada Bukti Cagar Budaya

Dalam eksplorasi kali ini tim berhasil mendokumentasikan keberadaan kapal yang tenggelam pada 1936 silam sejak hari pertama ekspolrasi tahap kedua digelar.

“Alhamdulillah, eksplorasi hari ini tim arkeolog sudah berhasil mendapatkan dokumentasi videonya. Progres jauh lebih baik dari eksplorasi pertama yang tidak dapat dokumentasi,” kata Siti, dikutip dari suara.com.

Meski telah berhasil mendokumentasikan dalam bentuk video, Rubikah menyebut bahwa masih butuh pendalaman dan butuh lebih banyak lagi dokumentasi terkait kapal Van der Wijck yang tenggelam di perairan Lamongan itu.

“Butuh banyak dokumentasi kapal Van der Wijck lagi, sehingga masih butuh penyelaman kembali. Sepertinya Sabtu [16/10/2021] besok, tim penyelam juga akan ditambah,” imbuh Siti.

Baca juga: Kapal Tanker Tabrak Kapal Motor, 2 Nelayan Di Aceh Hilang 

Kapal Van der Wijck tenggela dilaporkan tenggelam pada 20 November 1936 di perairan Lamongan, tepatnya 12 mil dari Pantai Brondong. Ketika tenggelam, kapak ini mengangkut 187 warga pribumi dan 39 warga Eropa.

Sedangkan jumlah awak kapalnya terdiri dari seorang kapten, 11 perwira, seorang telegrafis, seorang steward, 5 pembantu kapal, dan 80 anak buah kapal (ABK) dari pribumi.

Kapal ini diduga tenggelam karena kelebihan muatan. Saat lepas jangkar dari Surabaya, kapal ini dikabarkan membawa muatan kayu besi.

Kisah tenggelamnya kapal Van der Wijck ini pernah dituangkan Buya Hamka dalam novelnya berjudul “Tenggelamnya Kapal Van der Wick” pada tahun 1939. Cerita dari novel karangan Buya Hamka ini juga sempat dibuat film dengan judul yang sama pada tahun 2013, yang diperankan Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian.


Berita Terkait

Berita Terkini

Catatan Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818-2021

Gunung Semeru memiliki catatan sejarah erupsi yang panjang sejak 1818 sampai sekarang.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Lumajang Diminta Jauhi DAS

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Seluruh Rumah Warga di Satu Dusun Hancur Akibat Erupsi Gunung Semeru

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melaporkan hampir seluruh rumah di satu dusun hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

Potensi Erupsi Susulan Gunung Semeru, Ini Kata PVMBG

PVMBG mengaku terus memantu potensi terjadinya erupsi susulan di Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim), yang baru saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Lewat Siaga Kita, Pekerja Informal di Madiun Terima Perlindungan Sosial

Pemkot Madiun memberikan jaminan sosial bagi pekerja informal melalui program Siaga Kita, yakni jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Sejarah Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim

Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali meletus atau erupsi, berikut sejarah erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu.

Kisah Pilu Mahasiswi Mojokerto Viral Lewat Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di jagat Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang diduga bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Semeru 2 Kali Muntahkan Guguran Lava Pijar, Dua Kecamatan Gelap Pekat

PVMBG Kementerian ESDM menyebut dua guguran lava pijar meluncur dengan jarak 500 meter dan 800 meter.

Gunung Semeru Erupsi, Begini Suasana di Lumajang

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengalami erupsi atau meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Beredar Isi Percakapan Mahasiswi Mojokerto Sebelum Meninggal, Soal Apa?

Sejumlah tangkapan layar berisi percakapan mendiang NWR, 23, dengan seseorang yang dia panggil "Mama" beredar di media sosial.

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).

Ratakan Tanah, Warga Ponorogo Malah Temukan Proyektil Amunisi

Sebutir proyektil berdiameter 10,5 sentimeter ditemukan pekerja tertimbun tanah di Ponorogo. Proyektil tersebut diduga peninggalan masa penjajahan Belanda.

Diterjang Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas SDN di Ponorogo Ambrol

Dua ruang kelas SD Negeri III Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, ambrol setelah tertimpa tanah longsor.