SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Kapoltabes Solo, Kombes Pol Joko Irwanto mengimbau kepada seluruh pihak untuk berperan dalam menyukseskan jalannya Pemilukada Kota Solo hari ini. Masyarakat diharap bersikap dewasa dalam menjalankan pesta demokrasi.

Selain itu, ia mengharap seluruh panitia Pemilukada dapat memfasilitasi jalannya pemungutan suara dengan baik. Kelancaran dalam pengambilan aspirasi masyarakat dinilai sangat berpegaruh terhadap keamanan Pemilukada.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Terkait kemungkinan gesekan yang bisa terjadi saat pengumuman hasil, Joko berharap pihak pemenang maupun sebaliknya dapat menciptakan iklim yang kondusif. “Bagi pemenang, baik tim sukses maupun masyarakat pendukung, saya harap bisa menunjukkan kedewasaan sikap, begitu pula untuk pihak sebaliknya,” katanya saat dihubungi Espos, Minggu sore (25/4).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia juga berjanji akan menindak berbagai pelanggaran yang mungkin muncul dari pelaksanaan Pemilukada ini. “Kami <I>kan<I> mengiring sebelum, saat penyelenggaraan sampai pasca pelaksanaan Pemilukada. Ya semoga besok tidak ada eforia yang berlebihan,” tambahnya.

Hari ini, Poltabes Solo menerjunkan anggotanya ke dua kategori tempat pengamanan. “Untuk pengamanan terbuka, kami turunkan 376 personel yang akan melekat di TPS-TPS. Sedangkan untuk pengamanan tertutup, sebanyak 70 personel akan kami siagakan dalam membantu Polsek,” terang Kabag Ops Poltabes Solo, Kompol Slamet Riyadi.

Mengenai jadwal Pemilukada yang bertepatan dengan pengumuman kelulusan bagi siswa SMA, Joko mengaku telah mengkondisikan hal tersebut melalui pengalihan jadwal pengumuman.

Sementara Slamet menerangkan pengalihan tersebut tidak mengubah jadwal hari pengumuman. ” Sebelumnya sudah terjadi kesepakatan dengan Disdikpora. Jadwal pengumuman ditempatkan pada pukul 16.30 WIB,” tambah Slamet.

Penempatan waktu tersebut merupakan upaya antisipasi jajaran kepolisian untuk menciptakan keamanan yang dikonsentrasikan pada pengamanan suara. “Sudah ada kesepakatan dengan pihak sekolah serta orangtua,” imbuhnya. Potensi konvoi lulusan sekolah juga telah diantisipasi Jajaran Poltabes Solo. “Sebagai antisipasi, kami juga telah menyiapkan empat pleton satuan Dalmas,” tegasnya.

m85

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya