SOLOPOS.COM - Ilustrasi poilisi (inilahflores.com)

Solopos.com, KARANGANYAR—Kapolsek Kerjo, AKP Suryanto dilorot dari jabatannya karena melakukan pelanggaran internal kepolisian. Kemudian jabatan Kapolsek Kerjo kini dijabat AKP Iswandi.

Kapolres Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana didampingi Wakapolres Kompol Sarini ditemui seusai gelar pasukan Jumat (14/3/2014), mengatakan telah melakukan evaluasi pelaksanaan tugas yang melekat pada setiap anggota Polres Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari hasil evaluasi, Kapolres mengatakan apabila pelaksanaan tugas dapat menunjang keberhasilan maka diberi reward atau penghargaan. Tapi sebaliknya jika dalam pelaksanaan kerja atau kinerja belum mencapai maksimal maka akan diberi punishment.

“Untuk Kapolsek Kerjo memang setelah kami evaluasi perlu dilakukan pembinaan. Tapi bukan hanya kapolsek saja, namun juga ada anggota lain yang juga dilakukan pembinaan,” kata Kapolres.

Ditanya apakah kesalahan Kapolsek Kerjo sampai dilorot dari jabatannya, Kapolres enggan membeberkannya. Yang jelas, lanjut Kapolres, bukan karena indisipliner. “Itu internal kepolisian saja [kesalahan Kapolsek],” ujarnya.

Kapolres mengatakan Kapolsek sebagai ujung tombak kepolisian harus aktif melakukan pengawasan kepad anggotanya. Apalagi, Kapolres menambahkan menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif, Polsek harus menebalkan anggotannya. Termasuk kesiapan perlengkapan operasional harus diperhatikan.

Dalam kesempatan itu, Kapolres menemukan sejumlah mobil patroli milik Polsek diketahui tidak lengkap perlengkapannya. Bahkan beberapa di antaranya kondisinya kotor. Kapolres memeriksa langsung kendaraan operasional Polsek.

“Saya minta dilengkapi dulu. Kalau belum, mobil belum bisa dibawa pulang,” ujar Kapolres.

Saat mendapati kendaraan yang tidak bersih, Kapolres mencoret anggota Polsek dengan bekas oli di pipi dan kumis. Bagi Kapolres, coretan di bagian kumis dan pipi sebagai tanda sayang dan ada kedekatan antara pimpinan dengan pemakai mobil operasional. “Jangan pengendaranya rapi tapi mobil yang dikendarai keadaannya kotor,” tandasnya.

Selain melakukan pemeriksaan kendaraan, Kapolres memimpin upacara serah terima jabatan Kasatlantas dari AKP Suwarsi ke AKP Sukmawati. AKP Suwarsi selanjutnya menjabat Kasatlantas Polres Semarang.

Sedangkan AKP Sukmawati sebelumnya menjabat Kanit Regident Polresta Solo. Namun sayang, AKP Sukmawati tak menghadiri serah terima jabatan tersebut. “Karena kami sudah mengagendakan serah terima jabatan pada hari ini, tapi barusan kami terima telepon jika tidak bisa menghadiri karena masih ada keperluan. Maka serah terima nanti akan dilakukan diruang saya,” kata Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya