SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi terhadap 200 perwira tinggi dan menengah di institusi kepolisian.

Mutasi tertuang dalam tiga surat telegram yaitu surat Nomor: ST/164/I/KEP./2022; ST/165/I/KEP./2022; dan ST/166/I/KEP.2022. Surat itu dibubuhi tanda tangan Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia Irjen Wahyu Widada.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ya betul, mutasi hal yang alamiah dalam rangka binkar, tour of duty dan area serta untuk meningkatkan performa kinerja organisasi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dikutip Solopos.com dari Bisnis, Rabu (26/1/2022)

Salah satu mutasi tersebut yakni untuk posisi Kapolda Kalimantan Utara. Untuk posisi tersebut Irjen Danel Adityajaya menggantikan Irjen Bambang Kritiyono. Bambang dimutasi menjadi Pati Baharkam Polri dalam rangka memasuki masa pensiun.

Baca Juga: Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan 

Kapolri Listyo juga mengganti Brigjen Antony Maruli Tua Siahaan sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan sebelumnya sebagai Direktur Politik Baintelkam Polri akan digantikan oleh Direktur Intelkam Polda Jatim, Kombes Yuda Gustawan.

Posisi yang ditinggalkan Yuda diisi Kombes Dekananto Eko Purwono yang sebelumnya menjabat Kasubdit Kehidupan Bernegara Ditsosbud Baintelkam Polri.

Selain itu, Listyo memutasi sejumlah Kapolres dan perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) lain di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya, Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin dirotasi menjadi Kapolres Boyolali.

Baca Juga: Soroti Perilaku Polisi Viral di Medsos, Kapolri akan Bertindak Tegas

Dia bakal digantikan AKBP Yolanda Evalyn Sebayang yang sebelumnya merupakan Pamen Polda Jateng. Kemudian, Kapolres Denpasar diisi AKBP Bambang Yugo Pamungkas.

Selanjutnya, Kapolres Ciamis akan dijabat oleh AKBP Tony Prasetyo. Kapolri juga menunjuk Kombes Sigit Dany Setiyono sebagai Kapolresta Bandara Soekarno Hatta. Ia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi.

Lalu, Kapolres Sorong Kota yang dijabat AKBP Ary Nyoto Setiawan akan diganti oleh AKBP Johanes Kindangen. Ary akan menjabat sebagai Wadansatbrimob Polda Papua Barat.

Kemudian, Kapolri juga menunjuk Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli untuk mengisi jabatan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri yang telah kosong seusai ditinggal Brigjen Ahmad Ramadhan.

Posisi Gatot di Polda Jatim akan digantikan oleh Kombes Dirmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Humas Polda Kalbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya