SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Pol. Sutarman (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN-Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Sutarman, meninjau kesiapan Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pengamanan Pemilu 2014, Kamis (13/3/2014).

“Saya harus memastikan seluruh sistem berjalan, dan seluruh anggota sudah mengerti tugas masing-masing. Baik tugas rutin, aspek kamtibmas, penegakan hukum dan tugas yang dibebankan pada masa kampanye 16 Maret mendatang,” kata Sutarman seusai memberikan pengarahan kepada jajaran Polda Istimewa Yogyakarta (Polda DIY).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Sutarman, dirinya telah melakukan peninjauan serupa antara lain di Polda Papua, Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riua, Medan, serta Sulawesi Utara dan Selatan.

“Kami berikan arahan agar dapat menjadi sosok Polri penolong, pengayom , dan pelindung masyarakat, sehingga terjadi asimilasi dan kerja sama dengan masyrakat yang baik,” kata dia.

Menurut dia, hingga saat ini telah terindikasi munculnya penyimpangan yang dilakukan oleh oknum parpol di berbagai daerah. Penyimpangan yang sering ditemukan antara lain praktik politik uang, hingga intimidasi politik.

“Saya disamping langsung ke Polda juga ke kampung-kampung ternyata juga masih ada peyimpangan. Karena itu perlu kontrol lebih dari seluruh anggota sehingga diharapkan rakyat dapat memilih dengan tidak ada tekanan,” katanya.

Selain penyimpangan yang bersifat administratif, menurut dia, menjelang Pemilu 2014 telah terjadi aksi teror yang bermuatan kepentingan politik partai tertentu.

“Terorisme juga sudah ada. Faktanya di Aceh beberapa waktu lalu. Hal itu digunakan untuk menakuti partai tertentu,” kata dia.

Meski demikian, Kapolri mengatakan akan mengupayakan proses Pemilu 2014 berjalan lancar dengan menyiagakan seluruh personel kepolisian di berbagai daerah.

“Ini tugas kami untuk menjamin masyarakat dapat memilih calon anggota DPR dan Presiden yang tepat yang benar-benar membawa Indonesia menuju kesejahteraan,” kata pria kelahiran Weru, Sukoharjo, Jawa Tengah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya