SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Kapolri mengingatkan masyarakat agar hati-hati terhadap pasukan cyber di media sosial.

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian mengimbau masyarakat untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam mengkonsumsi informasi yang tersebar di jejaring media sosial. Dia menyebutkan, saat ini, ada pihak-pihak tertentu yang memiliki cyber troops atau cyber army (pasukan dunia maya) guna memprovokasi masyarakat.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Saya minta hati-hati sosial media. Ada kelompok yang memiliki cyber troops atau cyber army. Kelompok yang memang sengaja mereka merencanakan dan men-setting agar masyarakat terprovokasi sedemikian rupa,” katanya di Polda Metro Jaya, Rabu (16/11/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menambahkan bahwa kelompok tersebut akan mengambil peluang apapun untuk membuat kacau negara dan membingungkan serta membuat masyarakat teradu domba. “Jangan mau diadu domba dan terprovokasi,” dia mengingatkan.

Menurutnya, saat ini iklim demokrasi di Indonesia sudah cukup baik. Begitu pula dengan jalan pembangunan dan ekonomi. Dia berharap apa yang sudah diraih saat ini, yaitu ketertiban terjaga, tidak akan mundur dan mengimbau agar masyarakat lebih kritis.

Tito pun kembali menegaskan untuk tidak terhasut isu di media sosial yang kemunginan diseting oleh pihak tertentu. “Jangan mudah, sekali lagi, terpengaruh media sosial. Kalau nggak akurat, nggak usah di-share dan gunakanlah akal jernih dalam melihat permasalahan ini,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya