SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Buronan teroris Musthofa alias Abu Tholut dikabarkan ditangkap Densus 88. Kapolri Jenderal Timur Pradopo masih mengecek kabar tersebut.

“Masih dicek. Saya belum tahu persis. Masih didalami. Nanti kita beritahu,” kata Timur saat dihubungi, Jumat (10/12).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi yang beredar, Abu Tholut ditangkap Densus di tempat persembunyiannya di Kudus, Jawa Tengah, pagi ini. Dia pernah menjadi pengajar atau instruktur bahan peledak di Afghanistan dari tahun 1987  sampai 1992. Dia juga aktif di Mindanao, Filipina, dan pernah menjadi pemimpin camp di Filipina pada 1999-2000.

Abu Tholut juga pernah menjadi Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiyah di Poso (2000-2002), sebelum kemudian diserahkan kepada Nasir Abas, yang kini menjadi pengamat terorisme. Abu Tholutlah orang  yang melaporkan kepada Abu Bakar Baa’syir siapa saja yang lulus dalam pelantikan JI.

Abu Tholut juga dinilai memiliki keahlian berbahaya lebih daripada Dulmatin ataupun Noordin M Top. Dengan pengalamannya, Abu Tholut pernah membangun laboratorium bom. Pada tahun 2003 dia pernah disergap di Semarang dan telah memiliki laboratorium bom. Dia juga saat itu diketahui memiliki senjata M 16.

Abu Tholut disebut-sebut juga terkait dengan aksi perampokan Bank CIMB Niaga Medan pada 18 Agustus lalu. Namanya disebut-sebut oleh para tersangka perampokan yang ditangkap polisi.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya