SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kapolri baru menjadi isu panas. Tito Karnavian yang dipilih Jokowi sempat menjadi kontroversi. Komentar JK?

Solopos.com, JAKARTA — Secara mengejutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri kepada DPR. Lalu bagaimana tanggapan Wakil Kepala Negara?

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai prestasi yang dimiliki Tito Karnavian cukup banyak, baik prestasi pendidikan, maupun prestasi kinerja di lapangan. Oleh karena itu, dia berharap prestasi tersebut dapat menjadi acuan untuk mendorong Tito menduduki jabatan Kapolri dan menjalankan tugas tersebut dengan baik.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kita tahu prestasinya banyak, semua baik. Kita harapkan itu menjadi dorongan untuk menjadi Kapolri yang baik,” ujarnya di Istana Wakil Presiden, Jumat(17/6/2016).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui dirinya mengajukan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri kepada Komisi III DPR, Rabu (15/6/2016). Presiden berharap Tito dapat meningkatkan profesionalisme, mengayomi masyarakat, dan memperbaiki kualitas penegakan hukum di Tanah Air. Khususnya penegakkan hukum terkait kejahatan narkoba, terorisme, dan korupsi yang marak terjadi.

Kepala Negara meyakini Tito memiliki kemampuan, kecerdasan, dan kompetensi yang baik. Dia memastikan, sebelum mengajukan nama, dirinya mendapat masukan dari berbagai pihak, termasuk Polri, dan Kompolnas.

Tito Karnavian merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada 1987. Dengan demikian, ada sejumlah jenderal polisi yang lebih senior dari Tito, yaitu lulusan Akpol 1983-1986. Menanggapi fakta tersebut, Kapolri Badrodin Haiti menjamin tak akan ada perpecahan di dalam tubuh Polri pasca keputusan Presiden tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya