SOLOPOS.COM - Calon kapolri baru Komjen Pol Budi Gunawan menerima Komisi III DPR di rumahnya (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Kapolri baru tinggal dilantik Presiden Jokowi. Pascasidang paripurna, DPR langsung menyerahkan persetujuan mereka terhadap Komjen Pol. Budi Gunawan ke Presiden.

Solopos.com, JAKARTA — DPR langsung menyerahkan hasil rapat paripurna yang menyetujui Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Budi Gunawan sebagai calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPR, Setya Novanto, mengatakan lembaga yang dipimpinnya telah menyelesaikan proses politik dalam pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Sutarman. DPR pun langsung menyerahkan hasil rapat paripurna mengenai persetujuan calon Kapolri yang diajukan pemerintah kepada Presiden.

“DPR hanya melaksanakan undang-undang, prosesnya kan dimulai setelah kami menerima surat dari presiden terkait pencalonan Komjen Pol. Budi Gunawan,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/1/2014).

Setya Novanto menuturkan proses di rapat paripurna berlangsung cukup panjang sehingga harus ditunda untuk sementara atau skors selama satu jam. Meski demikian, seluruh fraksi akhirnya memutuskan untuk menyelesaikan proses itu dan menyetujui usulan pemerintah.

Menurutnya, semua pihak harus menghormati proses hukum yang berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keputusan yang dihasilkan rapat paripurna merupakan proses yang harus dilakukan karena telah diatur dalam mekanisme yang ada.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Strategis, Luhut Pandjaitan, mengatakan proses pengambilan keputusan terkait pencalonan Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai Kapolri sedang berjalan di lingkungan Istana Kepresidenan.

Dia pun meminta semua pihak menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi mengenai kebijakan yang diambil pemerintah setelah KPK menetapkan calon tunggal Kapolri tersebut sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya