SOLOPOS.COM - Badrodin Haiti (JIBI/Solopos/Antara/dok)

Kapolri baru akhirnya menemui titik terang. Ditunjuknya Badrodin Haiti sebagai Plt. Kapolri mengakhiri drama sejak Budi Gunawan menjadi tersangka.

Solopos.com, JAKARTA — Mabes Polri menjadi sorotan sejak calon tunggal Kapolri, Komjen Pol. Budi Gunawan, terganjal statusnya sebagai tersangka. Ujungnya, Presiden Jokowi memutuskan menunda pelantikan Budi Gunawan dan mengangkat Wakapolri sebagai pelaksana tugas (Plt.) Kapolri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dengan surat presiden yang saya terima, saya melaksanakan keputusan presiden untuk menyerahkan tugas dan wewenang jabatan kepada Wakapolri yang ditugaskan sebagai pelaksana tugas Kapolri,” kata Jenderal Pol. Sutarman setelah diberhentikan secara hormat oleh Jokowi, Jumat (16/1/2015) malam.

Sutarman mengakhiri jabatannya sebagai Kapolri jauh lebih awal dari jadwal, yaitu Oktober 2015 mendatang. Setelah menyerahkan tugasnya kepada Badrodin Haiti, Sutarman langsung mengucapkan perpisahan.

“Kenapa saya tegaskan ini, karena kapolri adalah sebagai pengguna anggaran, kegiatan, dan operasional di kepolisian. Seluruh kegiatan pembinaan sudah beralih ke wakapolri, kalaupun ada seremonial, mulai detik ini, operasional dan pembinaan akan dikendalikan Wakapolri.”

Budi Gunawan bukan satu-satunya sorotan di Polri. Hari ini, Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, Komjen Pol. Suhardi Alius, dikabarkan dimutasi ke Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Sebelumnya, nama Suhardi Alius sempat disebut sebagai orang yang layak menjadi Kapolri selain Komjen Pol Putut Eko Bayuseno dan Komjen Pol Dwi Priyatno. Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar menuturkan tiga nama itu layak untuk menjadi Kapolri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Kombes Pol. Agus Rianto, mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima surat terkait pergantian Kabareskrim tersebut. “Kita malah dapat kabar dari teman-teman [media],” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya