SOLOPOS.COM - Komjen Pol. Budi Gunawan seusai fit and proper test calon kapolri, Rabu (14/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/M. Agung Rajasa)

Kapolri baru segera dibahas DPR. Meski sempat ada polemik soal pencalonan Tito Karnavian, Komisi III DPR sepakat tak menunda uji kelayakan.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi III DPR akan menjadwalkan pelaksanaan fit and proper test bagi calon Kapolri pekan depan. Ketua komisi III DPR, Bambang Soesatyo, mengungkapkan pihaknya tidak akan menunda pelaksanaan fit and proper test bagi calon Kapolri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau diundur setelah Lebaran rawan karena libur panjang, lalu waktunya cuma sepekan jadi agak riskan. Jadi, sebelum libur Lebaran ini, waktu sangat memungkinkan untuk fit and proper test,” ujar Bambang saat dihubungi Bisnis/JIBI, Jumat (17/6/2016).

Bambang menjelaskan sejumlah fraksi di DPR tidak masalah dengan jadwal pelaksanaan fit and proper test yang telah ditentukan itu.
Terkait calon Kapolri, sejumlah fraksi di DPR juga telah sepakat dengan apa yang menjadi keputusan Presiden.

Berdasarkan catatan Bisnis/JIBI, hampir sepuluh fraksi sepakat dengan pencalonan Komjen Pol. Tito Karnavian sebagai Kapolri. “Tampaknya sudah tidak ada lagi masalah,” ujar Bambang.

Politikus Partai Golkar itu mengakui memang ada lobi-lobi politik atas calon Kapolri itu. “Kami melaksanakan tugas dari partai masing-masing saja, tampaknya di pimpinan kita sudah ada lobi-lobi, kami di DPR tinggal melaksanakan kesepakatan itu,” ucapnya.

Selaku partai pendukung pemerintah, Bambang juga mengakui partainya telah diarahkan untuk mengamankan apa yang mejadi kehendak Presiden.
Belum lama ini sempat beredar kabar adanya pihak yang tidak sepakat atas pencalonan Tito Karnavian, baik dari internal Polri maupun dari luar Polri.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan pihaknya akan menggelar rapat internal internal Polri pada Senin pekn depan untuk menjelaskan perihal keputusan Presiden tersebut.

“Semuanya skala staf seluruh Mabes Polri akan rapat, kami akan jelaskan. Sebelum itu kan sudah wanjakti, sudah saya sampaikan bahwa siapapun yang dipilih wanjakti ada bintang tiga, dua, saya bilang siapapun yg dipilih presiden tentu kita mendukung dan itu komitmen kita,” kata Badrodin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya