Tutup Iklan
Polisi melakukan pengamanan aksi 22 Mei yang ricuh di kawasan Slipi Jaya, Jakarta, Rabu (22/5/2019)./Antara-Muhammad Adimaja

Solopos.com, JAKARTA--https://news.solopos.com/read/20190522/496/993992/dalang-kerusuhan-22-mei-wiranto-jangan-dikira-kita-tidak-tahu" title="Dalang Kerusuhan 22 Mei, Wiranto: Jangan Dikira Kita Tidak Tahu">Kerusuhan di Jl. M.H. Thamrin, https://news.solopos.com/read/20190522/496/993991/selepas-magrib-jakarta-panas-lagi-ambulans-gerindra-angkuti-batu" title="Selepas Magrib Jakarta Panas Lagi, Ambulans Gerindra Angkuti Batu">Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) kembali pecah seusai Magrib. Massa melempar batu. Di tengah situasi rusuh itu,  Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Harry Kurniawan meminta pihak pengunjuk rasa menahan agar massa tidak melakukan provokasi kepada aparat.

Massa melemparkan botol plastik dan batu, ada juga pelaku provokasi yang melemparkan cone pembatas. Tak lama terdengar suara ledakan petasan bersahutan. Disusul bendera Merah Putih raksasa yang dibentangkan massa aksi dari pusat perbelanjaan Sarinah. Mereka membentangkan bendera sambil bernyanyi sekitar pukul 19.21 WIB.

Pada saat itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Harry Kurniawan berbicara menggunakan megapon, membujuk orator dan ustaz yang memimpin aksi agar menahan massa supaya tidak melakukan provokasi.

"Pak Ustaz, bantu kami Pak Ustaz. Kami bertahan. Tolong para korlap bantu kami. Tolong jangan lakukan ini," seru Harry melalui pengeras suara di mobil pengurai massa.

Harry mengatakan polisi dan tentara adalah bagian dari rakyat. Dia juga meminta massa untuk melakukan aksi damai, bukan dengan melakukan kekerasan. Sebaliknya, dia meminta https://viral.solopos.com/read/20190522/486/993855/ini-fotografer-di-balik-foto-viral-polisi-video-call-dengan-anak-saat-amankan-aksi-22-mei" title="Ini Fotografer di Balik Foto Viral Polisi Video Call dengan Anak saat Amankan Aksi 22 Mei">polisi menahan diri untuk tidak menembakkan gas air mata. Upaya Kapolres Metro memberi hasil. Ketika massa tak lagi melempari batu, dia mengucapkan terima kasih.

 

 

Avatar
Editor:
Syifaul

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten