SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berjalan turun ke ladang warga yang membakar rumput di dekat jalan tol ruas Bawen-Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (19/9/2022). (Istimewa/Pemprov Jateng)

Solopos.com, KARANGANYAR—Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo memerintahkan jajaran Polsek Colomadu, Polsek Gondangrejo, dan Polsek Kebakkramat agar meningkatkan patroli antisipasi pembakaran lahan di sekitar jalan tol yang melintas di tiga wilayah tersebut.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terjadi kecelakaan beruntun di ruas jalan tol Pejagan-Pemalang yang diduga akibat jalan tertutup asap pembakaran lahan di sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolres Karanganyar juga mengimbau masyarakat di sekitar ruas tol agar tidak melakukan perbuatan yang menyebabkan timbulnya api, sehingga asapnya masuk ke jalan tol.

“Kami dorong Polsek yang dilintasi jalan tol untuk mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan dengan sengaja maupun membuang puntung rokok sembarangan yang nantinya dapat menyebabkan kebakaran, karena kepulan asapnya berpotensi mengganggu pengguna jalan tol,” kata Kapolres, Rabu (21/9/2022).

“Melihat kejadian sebelumnya, asap pembakaran maupun kebakaran lahan di sekitar ruas tol akan membawa dampak yang berbahaya, seperti kecelakaan lalu lintas yang dapat mengakibatkan korban jiwa,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, Polres Karanganyar meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait termasuk pengelola jalan tol dan perangkat desa sekitar agar meningkatkan pengamanan dan mencegah tindakan-tindakan yang dapat berdampak buruk bagi pengguna jalan tol.

“Bila melihat api atau asap tebal dekat jalan tol, saya harap warga sekitar maupun pengguna jalan tol segera menghubungi pihak berwenang seperti Jasa Marga atau kepolisian. Sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas tol,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya